10 Pakan Alami Terbaik untuk Ikan Nila, Hemat Tanpa Menguras Kantong!

10 Pakan Alami Terbaik untuk Ikan Nila, Hemat Tanpa Menguras Kantong!Ilsutrasi pakan alami untuk ikan nila

LINGKARWILIS.COM – Ikan Nila merupakan salah satu ikan tawar konsumsi yang disukai banyak orang, sehingga tidak salah jika ada beberapa orang yang membudidayakan hanya untuk bisnis. 

Bagi Anda yang tertarik membudidayakan ikan nila sebagai bisnis ketahui dahulu pakan alami yang tepat bagi ikan, karena asupan makanan yang bagus bisa memengaruhi pertumbuhannya secara signifikan. 

Sehingga pemberian pakan bukanlah hal yang sepele, jika salah dalam pemberian pakan bisa membuat Anda rugi besar. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, berikut ini ada beberapa 10 pakan alami terbaik untuk ikan nila yang juga tidak akan menguras kantong Anda secara berlebihan. 

Pakan Alami Ikan Nila

1 Cacing Sutra

Cacing sutra dianggap sebagai pilihan terunggul untuk pakan nila. Dikenal dengan kandungan protein tinggi mencapai 40-57% serta lemak hingga 13%, cacing sutra menjadi pilihan ideal untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Selain itu, cacing sutra juga sering dipilih untuk pakan ikan hias dan jenis ikan lainnya.

2 Lumut

Lumut adalah opsi populer di kalangan peternak ikan. Pasalnya lumut kaya akan protein, lumut dapat menjadi alternatif yang hemat biaya karena mudah ditemukan di sekitar kita, seperti di kolam, sungai, atau sawah.

3 Maggot

Meski terkesan menjijikkan apabila dilihat, maggot atau larva dari Black Soldier fly memiliki kandungan protein yang tinggi, mencapai 45%. Maggot telah terbukti efektif dalam mempercepat pertumbuhan ikan nila.

4 Artemia

Artemia merupakan mikroorganisme air kecil yang kaya akan protein dan lemak, sangat baik untuk pertumbuhan ikan nila.

Disamping itu, artemia dewasa yang berumur dua minggu setelah penetasan merupakan pilihan ideal sebagai pakan ikan nila.

5 Kutu Air

Kutu air juga merupakan pilihan yang sangat baik sebagai pakan alami untuk ikan nila. Dengan kandungan protein yang tinggi, kutu air direkomendasikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan.

6 Azolla

Tanaman azolla menyediakan sumber pakan berkualitas bagi ikan nila dengan protein sekitar 25-35%. Selain harganya terjangkau, azolla juga mudah ditemukan dan telah banyak dibudidayakan.

7 Dedak

Dedak hasil gilingan dari sisa padi, memberikan nutrisi seimbang untuk ikan nila dengan biaya yang terjangkau.

8 Kangkung

Kangkung, yang mudah didapat dan terjangkau harganya, dapat menjadi alternatif yang baik sebagai pakan untuk ikan nila.

9. Daun Singkong

Daun singkong, murah dan mudah didapat, memberikan nutrisi yang baik bagi ikan nila dengan biaya yang lebih hemat.

10. Daun Talas

Daun talas merupakan pilihan pakan alami yang murah dan bisa mengurangi biaya. Namun, perlu diperhatikan agar tidak memberikan terlalu banyak dalam satu waktu untuk menghindari pembusukan.

Demikian 10 pilihan pakan alami terbaik yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan nila Anda dengan signifikan. 

Dengan memastikan kualitas pakan yang baik, Anda dapat mengurangi biaya operasional budidaya ikan nila. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam bisnis budidaya ikan nila

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply