6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Diet, Jangan Sampai Gagal Menurunkan Berat Badan 

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Diet, Jangan Sampai Gagal Menurunkan Berat Badan Ilustrasi jenis makanan yang harus dihindari saat diet

LINGKARWILIS.COM – Saat Anda berusaha menurunkan berat badan dengan diet atau menjaga pola makan yang sehat, penting untuk tidak hanya memperhatikan apa yang dimakan tetapi juga jenis makanan apa yang harus dihindari. 

Pasalnya beberapa jenis makanan dapat menghambat pencapaian tujuan dalam menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. 

Dalam diet bukan hanya olahraga yang diperhatikan tetapi juga pola makan yang sehat dan teratur karenanya hal yang penting untuk memenuhi  nutrisi. 

Supaya diet Anda berhasil, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang diet:

1 Makanan Tinggi Lemak dan Lemak Trans

Makanan tinggi lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans, cenderung memiliki tingkat kalori yang tinggi. Contoh makanan ini termasuk makanan cepat saji, gorengan, daging berlemak, dan produk olahan yang mengandung minyak nabati hidrogenasi.

2 Makanan Tinggi Gula

Makanan yang mengandung banyak gula tambahan, seperti minuman bersoda, permen, kue, kue kering, dan makanan penutup, dapat meningkatkan asupan kalori dan mengganggu kadar gula darah. Gula tambahan sering kali memberikan kalori kosong tanpa nutrisi yang berarti.

3 Makanan Olahan

Makanan olahan seperti daging olahan, camilan olahan, dan makanan siap saji sering kali mengandung tambahan gula, garam, dan bahan pengawet. Mereka juga sering kali rendah serat dan nutrisi penting lainnya.

4 Makanan Tinggi Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana seperti roti putih, nasi putih, pasta, dan kue-kue dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan menyebabkan lonjakan energi yang diikuti oleh penurunan energi yang cepat. Lebih baik memilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan.

5 Makanan Tinggi Garam

Konsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan retensi air dan peningkatan tekanan darah. Hindari makanan olahan, camilan asin, dan makanan cepat saji yang mengandung tingkat garam yang tinggi.

6 Makanan Ringan Rendah Lemak atau Bebas Lemak

Makanan yang diiklankan sebagai rendah lemak atau bebas lemak sering kali mengandung tambahan gula atau pengganti lemak untuk meningkatkan rasa. Konsumsi berlebihan dari makanan ini dapat mengganggu pencapaian tujuan diet Anda.

Saat sedang diet penting untuk memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Hindari makanan tinggi lemak jenuh, gula tambahan, garam, dan karbohidrat sederhana, serta makanan olahan dan ringan rendah lemak. 

Lebih baik memilih makanan alami, segar, dan berserat tinggi untuk mendukung upaya penurunan berat badan dan mencapai tujuan kesehatan Anda.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply