12 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Banyak Diburu Pecinta Ikan, Sudah Punya Budget?  

12 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Banyak Diburu Pecinta Ikan, Sudah Punya Budget?
Ilustrasi jenis ikan Arwana termahal

LINGKARWILIS.COM – Ikan Arwana merupakan salah satu ikan air tawar dengan banyak peminat karena memiliki warna sisik yang begitu memukau. 

Selain itu menurut kepercayaan orang Tiongkok, ikan Arwana dianggap sebagai ikan hias yang memiliki Feng Shui terbaik. 

banner 400x130

Sehingga tidak salah jika Ikan Arwana bisa mencapai harga ratusan juta, semakin indah warna sisik maka semakin mahal juga harga yang ditawarkan oleh penjual   

Berikut ini 12 jenis ikan arwana termahal yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk menghiasi rumah ataupun sebagai penarik Feng Shui. 

Rekomendasi Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Arwana, Bikin Warna Auto Tajam dan Kinclong 

1 Arwana Brazil

Ikan ini adalah salah satu jenis arwana paling populer di Indonesia. Dijual dengan kisaran harga Rp2.000.000, Arwana Brazil memiliki kemampuan melompat tinggi di udara saat menangkap mangsa seperti serangga.

Ciri khasnya adalah sisik berwarna silver dan sirip panjang. Ikan ini dapat tumbuh sepanjang satu meter saat dewasa.

2 Arwana Super Red

Ikan ini memiliki kulit berwarna merah yang atraktif. Berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat, ikan ini terbagi atas empat warna: Blood Red, Chili Red, Orange Red, dan Golden Red. Harganya mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp48.000.000 tergantung varietasnya.

3 Arwana Banjar

Dikenal juga sebagai Banjar Red Arowana, ikan ini memiliki warna oranye dengan ekor kekuningan. Ukurannya bisa mencapai 90 cm dan dijual dengan harga sekitar Rp2.000.000.

Haul Gus Miek ke -32  di Pondok Ploso, Kediri Siap Digelar, Panitia Sediakan Tenda Sepanjang 600 Meter

4 Arwana Red Tail Golden

Ikan ini langka dan agresif, dengan harga mencapai Rp4.500.000. Saat dewasa, ukurannya bisa mencapai 90 cm. 

Arwana Red Tail Golden yang memiliki warna biru, hijau, dan keemasan ini banyak ditemukan di daerah Riau, Pekanbaru, dan Sumatera lainnya.

5 Arwana Black Golden

Jenis ini sangat mahal dan langka, dengan harga sekitar Rp18.000.000. Ikan ini memiliki warna emas dan hitam, dan biasanya ditemukan di rawa-rawa di Penang, Malaysia.

6 Arwana Platinum

Ikan arwana termahal dengan palet warna cantik dan mengkilap, serta tekstur sisik halus. Harganya bisa mencapai Rp6.000.000.000 per ekor.

7 Arwana Crossback Golden

Dikenal juga sebagai Typing Golden, Pahang Golden, Malayan Bonython, dan Malaysian Gold, ikan ini memiliki warna emas yang mencolok di punggungnya. Ditemukan di Malaysia, harganya sekitar Rp18.000.000.

8 Ikan Arwana Jardini

Berasal dari Australia dan Papua, ikan ini dikenal juga sebagai Jardini Arowana. Dengan kulit berwarna kuning keemasan, berat mencapai 17 kg, dan panjang 90 cm, harganya sekitar Rp4.000.000.

9 Ikan Arwana Hijau

Memiliki kepala lebih besar daripada jenis arwana lainnya, dengan warna kulit perpaduan kuning emas dan hijau. Berasal dari Kamboja, Malaysia, Myanmar, Indonesia, Vietnam, dan Thailand, harganya sekitar Rp4.000.000.

10 Ikan Arwana Batik

Ikan ini memiliki corak tubuh mirip kain batik, berwarna perunggu dominan dengan perpaduan warna silver. Harganya mencapai Rp50.000.000.

11 Black Arwana

Saudara dari Silver Arwana, perbedaannya ada pada bagian ekor yang berwarna hitam yang akan memudar seiring dewasa. Harganya mulai dari Rp2.500.000 hingga Rp5.000.000.

12 Ikan Arapaima

Jenis arwana terbesar di dunia dengan panjang mencapai 3 meter dan berat sekitar 200 kg. Ikan ini termasuk hewan langka yang hanya ada di Sungai Essequibo dan Sungai Amazon. Saat sungai mulai kering, ikan ini akan menggulungkan diri dan membenamkan diri ke dalam lubang sampai air kembali datang.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *