5 Manfaat Pemberian Kroto Pada Burung Murai Batu Sebelum Lomba, Kicau Mania Harus Tahu Ini!

5 Manfaat Pemberian Kroto Pada Burung Murai Batu Sebelum Lomba, Kicau Mania Harus Tahu Ini!
Ilustrasi manfaat kroto untuk Burung Murai Batu

LINGKARWILIS.COM – Banyak perawatan untuk burung murai batu jika ingin burung kesayangan memiliki performa yang indah dalam hal suara hingga pesona. 

Kroto adalah salah satu makanan tambahan bagi burung murai batu yang memiliki manfaat signifikan bagi burung. 

banner 400x130

Sehingga tidak salah jika pemilik burung murai batu memilih kroto sebagai makanan tambahan sebelum burung tampil saat lomba. 

Kroto bisa memiliki manfaat yang baik untuk burung murai batu karena kaya akan protein rendah sekitar 8.2 gram dan kandungan mineral penting seperti zat besi, kalsium, potassium, sodium, vitamin B, vitamin B2, dan niacin

Dari kandungan yang dimiliki itulah membuat kroto bisa membantu murai batu dalam pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. 

8 Alasan Burung Murai Batu Sulit Gacor Padahal Makanan Selalu Bernutrisi, Pemula Pahami Ini! 

Manfaat Kroto untuk Burung Kenari

1 Mempercepat Proses Bunyi dan Ngeplong

Kroto dapat membantu burung kenari agar lebih cepat bunyi dan ngeplong, sehingga mempercepat proses latihan dan pembelajaran bagi burung kenari yang masih dalam tahap PAUD.

2 Meningkatkan Birahi

Suara yang merdu dan bervolume adalah indikasi burung kenari yang sedang dalam kondisi birahi. Pemberian kroto dapat membantu memicu birahi pada burung kenari.

3 Meningkatkan Volume Suara

Bagi kenari yang memiliki suara kurang power atau kurang keras dalam berkicau, pemberian kroto secara rutin dapat membantu meningkatkan volume suara mereka.

4 Meningkatkan Birahi

Suara yang merdu dan bervolume adalah indikasi burung kenari yang sedang dalam kondisi birahi. Pemberian kroto dapat membantu memicu birahi pada burung kenari.

5 Mempercepat Proses Mabung

Kroto juga dapat mempercepat proses mabung atau molting pada burung kenari, dengan catatan pemberian dilakukan secara tepat dan proporsional.

Cara Pemberian Kroto yang Tepat

1 Frekuensi Pemberian: 

Kroto dapat diberikan setiap hari atau dengan frekuensi satu kali dua hari, tergantung pada kebutuhan dan kondisi burung kenari. Namun, perlu diingat untuk memberikan dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

2 Penyajian

Kroto dapat disajikan dengan cara mencampurnya dengan makanan lainnya, pastikan kroto yang diberikan bersih dan hanya menggunakan telur yang berwarna putih.

Waduh! Pemberian Cacing Tanah Bisa Bikin Burung Murai Batu Over Birahi 

3 Takaran

Pemberian kroto sebaiknya dilakukan dengan takaran yang tepat, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Porsi yang diberikan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi burung kenari dan tujuan pemberian.

4 Pantau Reaksi Burung

Setelah memberikan kroto, perhatikan reaksi dan respons burung kenari. Jika burung terlihat menyukai dan memakan kroto dengan baik, Anda dapat melanjutkan pemberian secara rutin.

Namun, jika burung menunjukkan reaksi yang tidak baik, segera hentikan pemberian dan evaluasi kembali cara pemberiannya.

Dengan memahami manfaat kroto dan mengikuti tips settingan dan penggunaan yang tepat, Anda dapat meningkatkan performa dan kesehatan burung murai batu secara signifikan. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *