6 Pilihan Wisata Ramah Anak di Blitar Sekaligus Edukatif, Bisa Menambah Pengetahuan Tentang Sejarah 

6 Pilihan Wisata Ramah Anak di Blitar Sekaligus Edukatif, Bisa Menambah Pengetahuan Tentang Sejarah
Masjid Ar Rahman, wisata ramah anak di Blitar

LINGKARWILIS.COM – Ada banyak sekali wisata ramah anak di Blitar yang bisa menjadi pilihan rekomendasi liburan keluarga untuk mengisi waktu liburan sekolah anak. 

Blitar tidak hanya menawarkan wisata ramah anak yang menghibur tetapi juga edukatif bagi anak-anak serta anggota keluarga lainya. 

banner 400x130

Selain itu harga tiket masuk wisata di Blitar juga tidak terlalu menguras kantong sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin irit. 

Supaya anak tidak bosan di rumah aja, bawa mereka liburan ke luar untuk menciptakan momen spesial perkembangannya. 

Liburan Sekolah? Ini 7 Pilihan Wisata Kediri untuk Mengisi Kegiatan Anak Supaya Tidak Bosan di Rumah 

Wisata Ramah Anak di Blitar 

1 Blitar Park

Blitar Park adalah taman rekreasi keluarga pertama di Kabupaten Blitar yang dibuka pada akhir tahun 2019. 

Berlokasi di Jalan Raya Sawahan Pojok, Kecamatan Garum, taman ini berada di desa paling barat di kecamatan tersebut. 

Blitar Park menawarkan berbagai wahana atraksi dan dua kolam renang yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selain itu, tersedia juga fasilitas seperti kafe, restoran, dan berbagai jajanan tradisional.

2 Masjid Ar Rahman

Masjid Ar Rahman di Blitar adalah destinasi wisata religi yang sangat populer saat ini. Pengunjung datang ke sana bukan hanya untuk shalat dan beribadah, tetapi juga untuk berfoto-foto di sekitar serambi masjid yang memiliki arsitektur megah dan unik, membuat mereka merasa seperti berada di Masjid Nabawi, Madinah. 

Masjid ini buka 24 jam, meskipun beberapa lampu dimatikan sekitar pukul 8 malam. Lokasinya di Jalan Ciliwung, Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, dekat dengan Stadion Supriadi.

3 Makam Bung Karno

Wisata sejarah tetap menjadi daya tarik besar bagi masyarakat, termasuk di Kota Blitar. Makam proklamator dan Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, terletak di sini. 

Meski wafat di Jakarta, makam Bung Karno yang menjadi ikon Kota Blitar ini selalu ramai dikunjungi peziarah. 

Di kompleks makam juga terdapat perpustakaan, sehingga pengunjung bisa menambah wawasan dengan membaca buku-buku yang tersedia. Makam ini terletak tidak jauh dari Masjid Ar Rahman.

4 Candi Penataran

Candi Penataran berlokasi di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. 

Candi ini masih berdiri kokoh tanpa rekonstruksi, sehingga keasliannya tetap terjaga. Oleh sebab itu, candi ini banyak dikunjungi para arkeolog untuk penelitian. 

Saat ini, Candi Penataran juga menjadi destinasi wisata populer, pada bagian belakang candi terdapat sebuah kolam yang diyakini bertuah oleh pengunjung.

Banyak yang memanfaatkan air kolam untuk membasuh muka agar awet muda, dan ada juga yang membawanya pulang dengan keyakinan bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit dan melariskan dagangan.

5 Kampung Coklat

Kampung Coklat adalah destinasi wisata edukatif yang populer di Blitar, berlokasi di Jalan Banteng Blorok Nomor 18, Plosorejo, Kecamatan Kademangan. 

Selain menghasilkan coklat sebagai produk utama, Kampung Coklat menyediakan berbagai wahana dan fasilitas bagi pengunjung, seperti galeri umum, area kuliner, dan kebun kakao yang rindang. 

Tempat ini juga terdapat wahana permainan yang cocok untuk anak-anak hingga dewasa, membuatnya menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga.

6 Taman Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo, yang terletak di tengah Kota Blitar, dikelola dan ditata dengan baik. Taman ini cocok untuk anak-anak dan keluarga, dengan berbagai fasilitas permainan yang seru. 

Salah satu daya tarik utama taman ini adalah dua patung dinosaurus di tengah taman. Selain itu, taman ini juga memberikan edukasi tentang aneka satwa dan lingkungan alam sekitar. Sebagai ruang terbuka hijau, taman ini dikelilingi pepohonan besar dan rindang, menciptakan suasana yang nyaman dan asri. 

Suasana sejuk dan fasilitas menarik membuat taman ini ramai dikunjungi pengunjung, bahkan dari luar Kota Blitar. 

Jika tertarik untuk mengunjungi wisata ramah anak di Blitar, pastikan menyiapkan budget yang cukup dan membawa bekal makanan untuk lebih berhemat.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *