Daerah  

Bawaslu Kabupaten Blitar Dirikan Posko Pengawasan, Kawal Hak Pilih

Kawal Hak Pilih, Bawaslu Kabupaten Blitar Dirikan Posko Pengawasan
Apel pelaksanaan siaga posko pengawasan. (Aziz)
Blitar, LINGKARWILIS.COM – Bawaslu Kabupaten Blitar mengambil langkah tegas untuk memastikan setiap pemilih mendapatkan hak pilihnya menjelang Pilkada 2024 dengan mendirikan posko pengawasan di kantor dan melakukan patroli pengawasan.
Upaya ini bertujuan untuk menjaga hak konstitusional warga yang memenuhi syarat menjadi pemilih agar tercatat dalam daftar pemilih.

Jaka Wandira, anggota Bawaslu Kabupaten Blitar, menjelaskan bahwa patroli pengawasan ini akan melibatkan pengawas pemilu di semua jajaran, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa.

banner 400x130
Patroli ini akan menjangkau 22 kecamatan dan 248 desa atau kelurahan di Kabupaten Blitar, dengan fokus pada kelompok rentan, lokasi terpencil, kaum disabilitas, serta memastikan data pemilih yang akurat, termasuk menghapus data pemilih yang sudah meninggal dunia namun masih tercatat.
Baca juga : Pj Wali Kota Kediri Lantik 2 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 16 Pejabat Fungsional Pemerintah Kota Kediri

Patroli pengawasan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai status hak pilih mereka, mulai dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) hingga pemungutan suara.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Blitar telah menggelar apel patroli pengawasan kawal hak pilih Pilkada 2024 di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Blitar di Jalan Ahmad Yani 42, Kota Blitar, sebagai tanda kesiagaan.

Jaka Wandira menekankan pentingnya memastikan setiap warga negara yang memenuhi syarat tidak terlewatkan dalam daftar pemilih, serta menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilu di Kabupaten Blitar.

Dengan langkah-langkah ini, Bawaslu berharap Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan adil, memberikan setiap pemilih kesempatan untuk menggunakan hak pilih mereka secara tepat.***
Reporter : Aziz Wahyudi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *