Buat Burung Murai Batu Gacor Cuma Pakai Cacing Tanah, Ini 7 Manfaat yang Dimiliki! 

Buat Burung Murai Batu Gacor Cuma Pakai Cacing Tanah, Ini 7 Manfaat yang Dimiliki!
Ilustrasi manfaat cacing tanah utuk burung murai batu

LINGKARWILIS.COM – Banyak kicau mania yang khawatir memberikan cacing tanah pada burung murai batu kesayangan.  

Padahal cacing tanah memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan burung murai batu salah satunya yaitu bisa membantu burung lebih gacor. 

banner 400x130

Tetapi jika pemberian cacing tanah tidak berlebihan pasti tidak akan membuat burung murai batu over birahi, sehingga sesekali cobalah untuk memberi hewan kecil ini pada burung murai batu. 

Pasalnya cacing tanah tidak hanya memiliki manfaat performa burung murai batu saat kontes tetapi juga menjaga kesehatannya tetap baik. 

4 Cara Ampuh Meningkatkan Birahi Burung Murai Batu Supaya Suara Makin Gacor

7 Manfaat Cacing Tanah untuk Burung Murai Batu

1 Meningkatkan Kecerdasan, Konsentrasi, dan Ketenangan Murai Batu

Rutin memberikan cacing dapat membuat murai batu lebih cepat gacor dan rajin berbunyi. Hal ini karena burung menjadi lebih fokus saat dimaster dan lebih tenang saat menghadapi lawan-lawannya. 

Murai batu yang sering makan cacing tanah akan cepat mengingat suara masteran, lebih berkonsentrasi, dan tenang saat mendengarkan suara masteran, sehingga suara isian menjadi cepat masuk dan burung cepat menirukannya.

2 Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cacing mengandung zat arginine sekitar 10,7 persen yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh burung. 

Memberikannya secara rutin dan sesuai kebutuhan akan meningkatkan kondisi tubuh murai batu, nantinya burung akan menjadi lebih stabil dan selalu dalam kondisi prima.

3 Membuat Murai Batu Lebih Gacor

Konsumsi cacing mampu meningkatkan produksi hormon testosteron pada murai batu. Hormon ini sangat baik untuk murai batu jantan karena membuat suaranya lebih gacor. 

Selain itu, hormon testosteron merangsang murai batu untuk berkicau lebih lantang dan rajin bunyi, baik di rumah maupun di lapangan.

4 Menjaga Kesehatan Bulu Burung

Cacing tanah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu burung murai batu. Dengan begitu, bulu burung tidak kusam dan selalu terlihat berkilau. 

Bulu murai batu juga menjadi lebih rapi, kuat, dan tidak mudah rontok atau berantakan. Bulu burung yang indah membuatnya lebih percaya diri dalam memikat pasangan dan memiliki mental berani saat berhadapan dengan burung lain.

5 Meningkatkan Birahi Murai Batu

Kondisi birahi murai batu bisa berfluktuasi, terkadang rendah dan terkadang tinggi. Oleh karena itu, sebagai pemilik, Anda harus memahami kondisi burung. 

Jika murai batu kurang birahi, Anda dapat memberikan cacing tanah sebagai pakan ekstra. Namun, takaran pemberian cacing harus diperhatikan agar murai batu tidak over birahi dan tetap tampil maksimal di lomba.

6 Membantu Burung Istirahat

Cacing mengandung zat triptofan yang berfungsi menenangkan otak burung. Hal ini membuat burung tidak mudah stres dan bisa istirahat dengan tenang. 

Burung juga bisa merelaksasi otak dan menjaga kualitas tidurnya setelah bermain beberapa sesi di lomba. Istirahat yang cukup sangat penting agar performanya tidak menurun.

7 Mencegah Kemandulan

Memberikan cacing pada burung murai batu dapat meningkatkan produktivitas reproduksi, sehingga meminimalisir kemandulan. 

Indukan murai batu menjadi subur karena cacing tanah mengandung zat arginine. Selain itu, telur-telurnya tidak kopong dan semuanya dapat menetas dengan sempurna.

Dengan pemberian yang tepat, cacing tanah bisa memberikan banyak manfaat bagi murai batu. Pastikan untuk memberikan cacing tanah dalam porsi yang sesuai agar burung tetap sehat dan tampil maksimal.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *