Daerah  

Festival Jaranan Meriahkan HUT Kota Kediri ke-1145 di Area Wisata Goa Selomangleng, Hadiahnya Puluhan Juta

Festival Jaranan Meriahkan HUT Kota Kediri ke-1145 di Goa Selomangleng, Hadiahnya Puluhan Juta
Festival Jaranan Meriahkan HUT Kota Kediri ke-1145 di Goa Selomangleng, Hadiahnya Puluhan Juta (bidu)

Kediri, LINGKARWILIS.COM  — Dalam semarak peringatan hari jadi Kota Kediri ke-1145, area wisata Goa Selomangleng menjadi panggung Festival Jaranan, menampilkan enam tim terbaik dari tiga kecamatan pada Minggu, (30/6/2024). Para peserta berlomba memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Festival ini berlangsung dari 30 Juni hingga 7 Juli 2024, dengan setiap tim menampilkan dua kesenian tradisional yang dipilih.

banner 400x130
Zachrie Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, mengatakan bahwa acara ini tidak hanya sekedar kompetisi, tetapi juga wujud nyata pelestarian budaya lokal.

” Festival Jaranan ini adalah wujud kepedulian terhadap pelestarian tradisi dan budaya.” ujarnya.

Sementara itu, hadiah yang disediakan penyelenggara sangat menarik, dengan juara pertama mendapatkan Rp 12 juta dan juara keenam meraih Rp 7 juta.

Selain hadiah yang menarik, festival ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap seni budaya jaranan yang kaya makna dan sejarah, serta mengkolaborasikan kesenian untuk ditampilkan menjadi bagian dari destinasi wisata Kota Kediri.***
Reporter: Agus Sulistyo Budi
Editor: Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *