Daerah  

Jadi Jawara Tari, 3 Siswi SMP N 1 Kras Wakili Kabupaten Kediri di FLS2N Propinsi Jatim

Ester, Jesika dan Kharisma siswi SMP N 1 Kras bawakan tari Antik berlatih untuk persiapan FLS2N tingkat Propinsi Jatim (ist)
Ester, Jesika dan Kharisma siswi SMP N 1 Kras bawakan tari Antik berlatih untuk persiapan FLS2N tingkat Propinsi Jatim (ist)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Tiga penari cantik siswi SMP Negeri 1 Kras sedang sibuk berlatih tari dengan judul “Antik.” Mereka tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Timur minggu depan. Ketiga siswi ini mewakili Kabupaten Kediri setelah meraih juara pertama di FLS2N tingkat Kabupaten Kediri.

Tiga siswi tersebut adalah Ester Etika Oktaviana (14) siswi kelas VII, Jesika Zivana Aulia (14) dan Kharisma Laila Ramadhani (14) yang keduanya siswi kelas VIII SMP N 1 Kras. Mereka berlatih keras di bawah bimbingan pelatih Nur Setyani S. Sn, pemilik sanggar tari Ande Ande Lumut Kras.

banner 400x130

Nur Setyani, pelatih tari, menjelaskan bahwa judul tari mereka adalah “Antik.” Ide ini didasari banyaknya anak muda generasi milenial yang belum paham salah satu jenis wayang tradisional yaitu wayang krucil, sehingga mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang antik.

Baca juga : Polres Kota Kediri Resmi Bergabung di MPP, Layani Pengurusan SKCK

“Antik terdengar tua dan kuno, mungkin itulah yang terbesit ketika mendengar kata antik. Tetapi pernahkah berpikir bahwa antik sendiri memiliki arti nilai estetika atau nilai historis yang tinggi? Anak di masa kini tidak pernah melihat atau mengetahui apa itu wayang krucil. Maka ketika melihatnya, dianggaplah suatu barang yang antik,” katanya.

Nur menambahkan bahwa dari hal baru yang mereka temukan menjadi suatu keistimewaan tersendiri.
“Janganlah takut untuk belajar akan semua hal baru, lestarikanlah wayang krucil sebagai kekayaan budaya di bumi Kediri.” pungkasnya.***

Reporter : Wijayanto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *