Karakteristik Calathea Multicolor: Tanaman Hias dengan Keunikan Warna yang Indah dan Mempesona 

Karakteristik Calathea Multicolor: Tanaman Hias dengan Keunikan Warna yang Indah dan Mempesona Ilustrasi karakteristik tanaman hias Calathea Multicolor 

LINGKARWILIS.COM – Kini tanaman hias Calathea menjadi tanaman paling dicari salah satu jenis yang sedang diminati banyak orang, yaitu Calathea Multicolor. 

Berbagai jenis tanaman hias Calathea sangat menarik perhatian karena memiliki berbagai warna yang cantik dan ciri khas yang mencolok. 

Dikenal juga sebagai Meranti Bali, Calathea Multicolor memiliki daun dengan paduan warna hijau putih seperti motif cat air. 

Hal yang menarik pada Calathea Multicolor yaitu bagian belakang daunnya memiliki warna kemerahan yang berbeda antara daun muda dan daun tua.

Keunikan tanaman ini tidak hanya terletak pada warna daunnya yang beragam, namun juga pada kemudahan perawatannya. 

Untuk merawat Calathea Multicolor, Anda cukup menyiramnya satu kali sehari. Pastikan untuk memotong daun yang sudah kering agar pertumbuhan tanaman tetap optimal. 

Hindari menempatkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan daun terbakar, sebaiknya letakkan tanaman di tempat yang teduh.

Untuk pemupukan, Anda dapat melakukannya dua minggu sekali menggunakan pupuk NPK Mutiara. 

Proses perbanyakan tanaman ini bisa dilakukan dengan memisahkan anak tanamannya. Caranya adalah dengan memotong rimpangnya dan menanamnya dalam media tanam yang sesuai.

Setelah pemotongan, Anda dapat melihat bahwa tanaman menghasilkan dua bagian dengan akar yang sudah terbentuk. 

Tanaman ini cenderung tumbuh dengan cepat, terutama saat memiliki anak tanaman. Persiapkan media tanam yang terdiri dari tanah yang dicampur dengan kotoran lembu sebagai pupuk.

Untuk harganya, tanaman biasanya dijual dengan harga sekitar 50-70 ribu Rupiah per pot, yang sudah termasuk dengan anak tanamannya. Harga yang cukup terjangkau untuk tanaman hias dengan keunikan warna dan karakteristiknya.

Demikian karakteristik Calathea Multicolor yang bisa menjadi pilihan untuk dekorasi alami untuk sudut ruangan Anda. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya  

Leave a Reply