Kenapa Buah Kurma Disebut Superfood? Ini Khasiat Menakjubkan untuk Kesehatan Tubuh 

Kenapa Buah Kurma Disebut Superfood? Ini Khasiat Menakjubkan untuk Kesehatan TubuhKetahui buah kurma disebut superfood.

LINGKARWILIS.COM – Tahukah kamu kenapa buah kurma disebut dengan superfood? Ya, betul karena buah ini memiliki manfaat atau khasiat baik untuk tubuh.  

Meskipun telah lama dikenal di berbagai belahan dunia, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buah kurma tidak hanya lezat tetapi juga merupakan sumber khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Sehingga pada saat bulan Ramadhan, buah kurma disarankan dimakan saat sebelum dan sesudah berbuka puasa karena merupakan sumber energi alami. 

Lebih lengkapnya, ini beberapa alasan kenapa buah kurma disebut sebagai superfood atau makanan yang penuh khasiat. 

Kenapa Buah Kurma Disebut Superfood?  

1 Kandungan Nutrisi yang Kaya

Kurma dikategorikan sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap dan beragam. 

Buah ini mengandung berbagai vitamin seperti A, B, C, dan K, serta mineral penting seperti potassium, magnesium, zat besi, dan fosfor. 

Keberagaman nutrisi inilah yang membuat kurma menjadi paket lengkap untuk mendukung kesehatan tubuh.

2 Peningkatan Energi yang Cepat

Salah satu alasan mengapa kurma dianggap sebagai superfood adalah kemampuannya sebagai sumber energi yang instan. Kandungan gula alami, seperti glukosa dan fruktosa, memberikan dorongan energi yang cepat dan tahan lama. Hal ini membuat kurma menjadi camilan yang ideal untuk meningkatkan stamina dan mengatasi kelelahan.

3 Kaya akan Antioksidan

Kurma mengandung antioksidan tinggi, seperti beta-karoten dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan demikian, buah ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit degeneratif, termasuk kanker dan penyakit jantung.

4 Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kesehatan kurma juga terlihat dalam kemampuannya untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Kandungan serat tinggi membantu mengatasi masalah sembelit dan melancarkan proses pencernaan. 

Serat ini juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit usus.

5 Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi rutin kurma dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan potassium dalam kurma juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

6 Anti-Inflamasi Alami

Kurma memiliki sifat anti-inflamasi alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

Kemampuannya untuk memberikan energi instan, melindungi tubuh dari radikal bebas, mendukung pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung menjadikan kurma sebagai tambahan yang berharga dalam pola makan sehari-hari. 

Jangan ragu untuk menikmati manfaat kesehatan yang menakjubkan dari buah yang lezat ini dan jadikan kurma sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat Anda.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

 

Leave a Reply