Masker Madu untuk Wajah, Ada 7 Manfaat yang Bisa Didapat

Manfaat Masker Madu untuk WajahManfaat Masker Madu untuk Wajah

LINGKARWILIS.COM – Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah dari sari bunga atau nektar. Madu dapat digunakan dengan cara diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dioles untuk membantu penyembuhan luka, hingga dijadikan sebagai masker wajah. Lantas, apa saja manfaat masker madu untuk kulit wajah?

Mari ketahui berbagai manfaat masker madu untuk kulit wajah selengkapnya melalui pembahasan berikut.

Terdapat berbagai manfaat masker madu untuk kulit wajah yang bisa diperoleh, mulai dari membantu mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, hingga mengurangi risiko kanker kulit.

Dihimpun dari berbagai sumber, erikut penjelasan manfaat maskes madu :

1. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Manfaat masker madu yang pertama adalah dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Hal ini dikarenakan madu diperkaya dengan vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya sehingga mampu menangkal radikal bebas berlebih yang dapat memicu tanda-tanda penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat masker madu ini, pilihlah madu yang memiliki warna gelap karena mengandung lebih banyak mineral dan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas secara optimal.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker madu yang digunakan secara rutin diketahui dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat wajah terlihat lebih bersinar. Pasalnya, masker madu mengandung kadar vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu proses regenerasi sel kulit.

Selain itu, masker madu juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk eksfoliasi wajah sehingga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Masker madu mengandung enzim glucose oxidase yang bersifat antibakteri serta asam fenolat dan flavonoid yang bersifat antiinflamasi sehingga kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Selain itu, penggunaan masker madu secara rutin juga dapat mengatasi produksi minyak atau sebum berlebih yang bisa memicu penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

4. Melembapkan Kulit

Manfaat masker madu untuk kulit wajah selanjutnya adalah mampu menjaga dan mengoptimalkan kelembapan alami kulit. Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Molecules pada tahun 2020, madu mengandung gliserin yang berperan sebagai humektan, yaitu senyawa yang berfungsi untuk menarik air dari lingkungan dan mengumpulkannya pada lapisan kulit terluar.

5. Membantu Mengatasi Penyakit Eksim

Karena mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, masker madu juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit akibat penyakit eksim. Namun, pastikan untuk memilih madu murni yang belum dipasteurisasi, seperti madu manuka, untuk menghindari hilangnya kandungan nutrisi akibat proses pengolahan.

6. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Salah satu khasiat masker madu yang tak kalah penting adalah dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Sebab, madu mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas, seperti dari sinar UV dan asap kendaraan bermotor. Selain itu, efek antiinflamasi pada madu juga berfungsi untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh yang turut memengaruhi perkembangan sel kanker.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang telah dijelaskan, madu dikenal dengan kandungan antibakterinya yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk membantu melawan infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Bahkan, masker madu juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah.

Penting untuk memilih madu yang murni dan belum dipasteurisasi untuk memaksimalkan manfaatnya.***

 

Leave a Reply