Pembagian Sertifikat PTSL di Desa Bulu Kecamatan Semen Diliputi Haru dan Bahagia Meski Situasi Hujan Deras 

Pembagian Sertifikat PTSL di Desa Bulu Kecamatan Semen Diliputi Haru dan Bahagian Meski Situasi Hujan DerasPembagian Sertifikat PTSL di Desa Bulu (bidu)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Sebangak 275 warga Desa Bulu, Kecamatan Semen Kabupaten Kediri akhirnya mendapatkan hak atas tanah  mereka dengan memiliki sertifikat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sertifikat tanah program PTSL ini diserahkan pada warga di Balai Desa Bulu, Rabu (17/01/2024).
Acara penyerahan sertifikat program PTSL ini dihadiri petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri, perangkat desa dan Pokmas PTSL setempat. Ratusan warga antre dengan tertib untuk menunggu penyerahan.
Penyerahan sertifikat program PTSL di Desa Bulu ini cukup spesial mengingat situasi saat itu hujan deras. Namun tidak menyurutkan kegembiraan warga penerima yang tetap datang dan tertib mengikuti acara sampai sertifikat diterima oleh masing-masing warga.
Kade Bulu Kecamatan Semen, Sya’roni, Amd. Kep, sampai terharu melihat warganya yang antusias menunggu atrian pembagian sertifikat PTSL meski dalam kondisi hujan deras.
“Ini merupakan momen yang membahagiakan warga saya, alhamdulillah, harapan masyarakat selama ini sudah terwujud yaitu memiliki hak atas tanah berupa sertifikat,” ujarnya dengan nada terharu.
Sebagai Kades Bulu, Sya’roni, Amd. Kep berpesan jika sertifikat itu ingin digunakan meminjam uang di bank, maka keperluannya harus dipastikan untuk hal produktif atau modal usaha. Bukan untuk kepentingan konsumtif, yang nantinya malah mendatangkan masalah.
“Kalaupun memang digunakan untuk pinjam di bank sebagai modal usaha harus dipikirkan dan disesuaikan dengan kemampuan,” imbaunya.
Sementara itu Didik Kuswadi, Ketua Pokmas PTSL Desa Bulu Kecamatan Semen mengatakan, pembagian sertifikat PTSL ini merupakan periode pertama dimana sudah dibagikan 275 sertifikat. Sedangkan jumlah total pemohon sebanyak 1979.
“Yang sudah ini dari dua dusun yakni Dusun Bulusan dan Dusun Jugo,” Ujar Didik.
Didik mengaku belum bisa memastikan penyelesaian proses penerbitan sertifikat warga Desa Bulu yang kekurangannya cukup banyak. Mengingat semuanya menjadi kewenangan BPN.
“Belum ada informasi yang selanjutnya kapan akan dibagikan, kalaupun sudah ada informasi nanti akan segera kami sampaikan pada warga,” lanjutnya.
“Harapan kami ya langsung banyak biar sekalian,” sambungnya.
Sementara itu, Ismail, salah satu warga Desa Bulu penerima sertifikat PTSL mengaku senang. Sertifikat tanah miliknya sudah lama dia idam-idamkan.
“Alhamdulillah mas, bersyukur saya sekarang sudah punya sertifikat, trimakasih pak kades dan semuanya,” ujarnya dengan berlinang air mata kebahagiaan.
Sementara itu acara penyerahan sertifikat program PTSL di Desa Bulu berjalan lancar dan aman meski dalam situasi hujan deras. Terlihat hadir Kapolsek Semen didampingi Bhabinkamtibmas setempat  termasuk Babinsa dan petugas keamanan desa.***
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply