Pj Wali Kota Kediri Tanam Pohon di Kawasan Lingkar Klotok, Ini Informasinya

Pj Wali Kota Kediri Tanam Pohon di Kawasan Lingkar KlotokPj Wali Kota Kediri Tanam Pohon di Kawasan Lingkar Klotok (humas pemkot)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Kagiatan penghijauan di Kawasan Lingkar Klotok dan TPU Gunung Klotok (Bong Cino) dilakukan Pj Wali Kota Kediri bersama stakeholder, masyarakat dan juga relawan pecinta lingkungan, dengan menanam 930 bibit pohon, Sabtu (9/3).

Bibit pohon yang ditanam berupa tanaman produktif serta pelindung seperti pohon jambu mete, alpukat, kelengkeng, durian, trembesi dan lainnya.

Zanariah menjelaskan reboisasi ini sebagai mitigasi bencana, karena Kawasan Lingkar Klotok ini memiliki potensi bencana tanah longsor dengan kelas bahaya yang cenderung tinggi, kelas kerentanan tinggi dan kelas kapasitas sedang.

“Artinya kawasan ini berada pada kelas resiko yang cenderung tinggi. Dengan kondisi tersebut, potensi erosi dan tanah longsor bisa terjadi kapan saja apalagi curah hujan di Kota Kediri cukup tinggi,” ujarnya.

Baca juga : Berkas Perkara Kasus Tewasnya Santri di Ponpes di Mojo Sudah Dilimpahkan ke Kejari Kabupaten Kediri

Adanya penghijauan di Kawasan Lingkar Klotok ini, Pj Wali Kota Kediri berharap warga pemukiman serta masyarakat yang sedang berkegiatan di kawasan Klotok ini bisa lebih aman dari potensi tanah longsor, cadangan air tanah bertambah dan juga memperkaya jenis flora di area ini.

Hal ini merupakan upaya untuk menjadikan bumi tetap nyaman dan layak huni bagi semua makhluk hidup. “Ini bukan sekedar kewajiban, namun juga demi kebaikan kita semua serta warisan untuk anak cucu ke depannya,” imbuhnya.

Ada tiga titik utama pada penanaman pohon ini yakni area TPU Gunung Klotok (Bong Cino), Kawasan Lingkar Klotok titik satu di depan Ponpes Dzikrul Ghofilin dan Kawasan Lingkar Klotok selatan Situs Patirtan.

Baca juga : Balai Pemasyarakatan Kelas II Kediri Buka Lowongan Kerja, Ini Info Lengkapnya

Turut serta dalam kegiatan ini Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Gatot Soebroto, Wakapolres Kediri Kota Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, Administratur Perhutani Kediri Miswanto, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh, Kepala DLHKP Kota Kediri Imam Muttakin, Camat Mojoroto Bambang Tri Lasmono, partisipan dari organisasi lingkungan, pecinta alam, masyarakat dan pemuda. ***

Editor : Hadiyin

 

Leave a Reply