Polres Kediri Kota Gelar Operasi Keselamatan Semeru 2024, Ini Jadwal dan Delapan Sasarannya

Polres Kediri Kota mengadakan apel pasukan dalam rangka operasi keselamatan Semeru 2024 dan mencanangkan aksi keselamatan jalan.Kapolres Kediri Kota saat melakukan pengecekan kendaraan dinas anggota (rizky)

Kediri. LINGKARWILIS.COM – Polres Kediri Kota mengadakan apel pasukan dalam rangka operasi keselamatan Semeru 2024 dan mencanangkan aksi keselamatan jalan.

Apel tersebut berlangsung di halaman Mako Polres Kediri Kota pada Sabtu pagi (2/3/2024) dan diikuti oleh ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, pelajar, mahasiswa, serta pihak terkait lainnya.

Setelah memimpin apel, Kapolres Kediri Kota beserta anggotanya melakukan pemeriksaan kesiapan personel secara individu, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas dari roda empat hingga roda dua.

Baca juga : Laka Tunggal di Jalan Raya Jegles, Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Korban Warga Setempat  dan  Langsung Meninggal

Kasat Lantas Polres Kediri Kota, AKP Andhini Puspa Nugraha, menyatakan bahwa tujuan dari operasi keselamatan ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Operasi ini direncanakan berlangsung selama 10 hari, dimulai dari Senin (4/3/2024) hingga Kamis (14/2/2024), dengan melibatkan sekitar 125 personel gabungan dari Polres Kediri Kota dan unsur terkait lainnya. AKP Andhini menjelaskan bahwa terdapat delapan sasaran prioritas dalam operasi keselamatan ini.

“Sasarannya penumpang berlebih, melawan arus, kecepatan berlebih, pengemudi di bawah umur, penggunaan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat, dan pengemudi dalam pengaruh alkohol,” ujar Kasat Lantas.

Baca juga : Pemkab Kediri Dirikan Puluhan Posko Pangan Murah, Ini Infonya

“Para pengendara, khususnya masyarakat, diharapkan mematuhi peraturan lalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan bahwa operasi selama 10 hari tersebut bertujuan untuk mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Dia mencatat bahwa dalam dua bulan terakhir, yaitu Januari dan Februari, telah terjadi 54 kecelakaan di wilayah hukum Polres Kediri Kota.

“Harapan kami dalam operasi keselamatan ini adalah untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan korban fatalitas, demi menciptakan lalu lintas yang aman dan kondusif serta mengurangi pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan,” ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota.***

Penulis: Rizky Rusdiyanto
Editor :Hadiyin

Leave a Reply