Daerah  

Sebanyak 3 Kelompok Kesenian Jaranan Suguhkan Penampilan Terbaik dan Juarai Festival Jaranan Kota Kediri, Kadisbudparpora Berharap Bisa Semakin Kreatif

Sebanyak 3 Kelompok Kesenian Jaranan Suguhkan Penampilan Terbaik dan Juarai Festival Jaranan Kota Kediri , Kadisbudparpora Berharap Bisa Semakin Kreatif
Sesi foto Kelompok jaranan dengan penampilan terbaik (bidu)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Festival Jaranan yang menjadi bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-1145 Kota Kediri sudah berlangsung beberapa hari di halaman objek wisata Goa Selomangleng, Kota Kediri.
Dari total 150 kelompok jaranan yang tersebar di tiga kecamatan, terpilih enam besar kelompok  jaranan untuk tampil dalam  puncak festival guna memperebutkan juara pada Minggu (7/7/2024).
Tim juri memberikan penilaian dari berbagai aspek diantaranya kreativitas, kualitas dan irama gamelan serta perfoma dan kekompakan rampak barisan.
Berdasarkan penilaian tim juri, kelompok jaranan Joko Mbalelo dari Kelurahan Pakelan, Kecamatan Kota Kediri terpilih sebagai juara pertama.

Selanjutnya posisi juara kedua diperoleh kelompok jaranan Dipoyono Putro dari Kelurahan Banaran dan juara ketiga diperoleh kelompok jaranan Prasetyo Wijoyo yang juga dari Kelurahan Banaran.

Sedangkan juara harapan, harapan 1 diperoleh Satrio Pandu dari Kelurahan Lirboyo. Harapan 2, kelompok jaranan Joyo Alfi Saputro dari Kelurahan Mojoroto dan Harapan 3  kelompok jaranan Kisar Duloseto  dari Kelurahan Banjaran.

banner 400x130

Zachrie Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kota Kediri memberikan apresiasi terhadap partisipasi para peserta. Ia berharap agenda ini bisa berkelanjutan guna menjaga kesenian dan budaya leluhur.

“Festival Jaranan kali ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya kita. Kreativitas, musik gamelan, dan kekompakan peserta benar-benar mengesankan. Semoga tetap lestari dengan dukungan masyarakat khususnya pecinta seni dan budaya,” ujarnya.
Sementara itu, Bagas, ketua kelompok jaranan Joko Mbalelo Kelurahan Pakelan yang menjadi juara pertama, mengungkapkan kebanggaannya.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas kemenangan ini. Hadiah pembinaan sebesar Rp 12 juta akan kami gunakan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas kelompok kami,” katanya dengan penuh semangat.

Selain Kadisbudparpora Kota Kediri, hadir pula dalam puncak Festival Jaranan ini, Asisten 1  Sekretaris Daerah Kota Kediri, Mandung Sulaksono dan Samsul Bahri, Kepala Satpol PP Kota Kediri.***

Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *