Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Dikabarkan Geledah Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lamongan, Ini Infonya

Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Dikabarkan Geledah Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten LamonganKantor Dinas Sosial Lamongan (Suprapto)
Lamongan, LINGKARWILIS.COM – Tim Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri, didampingi Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial (Irjen Kemensos) RI, dikabarkan melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Sosial Lamongan pada Rabu dan Kamis, 5-6 Juni 2024.
Namun, kabar yang menyebutkan adanya penggeledahan telah diklarifikasi oleh pihak terkait.

Kepala Dinas Sosial Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, melalui Sekretaris Dinas Sosial Lamongan, Margono, menegaskan bahwa kunjungan tersebut bukan merupakan penggeledahan.

“Kemarin itu bukan penggeledahan, hanya permintaan keterangan untuk mencocokkan data setelah kegiatan di lapangan. Itu merupakan monitoring dan evaluasi (monev) rutin yang dilaksanakan oleh Irjen Kemensos RI didampingi Satgassus,” jelas Margono, Selasa (11/6/2024).

Margono menambahkan bahwa Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri hadir untuk mengawasi penyaluran bantuan sosial atau bantuan pangan non tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial guna meminimalisir dugaan penyimpangan dalam bantuan sosial melalui program BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kegiatan monev tersebut hanya sampling di Kabupaten Lamongan, dan juga berkaitan dengan tindak lanjut pengaduan masyarakat mengenai program bantuan sosial sembako di Lamongan,” ujarnya.

Baca juga : Bupati Kediri Mas Dhito Dukung Pelestarian Bela Diri Pencak Dor, Ini Pesannya

Margono juga menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah monitoring serta pengawalan program BPNT dan PKH dari Irjen Kemensos RI bersama dengan Satgassus Polri, dan bukan penggeledahan melainkan permintaan keterangan saja.

Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri berperan dalam mengawal penyaluran bantuan sosial (bansos) atau bantuan pangan non tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial di Lamongan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau penipuan oleh oknum tertentu.

Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri memantau proses pencairan dan penyaluran bansos sembako atau BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH). Selain itu, mereka juga mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Lamongan.

Dengan adanya klarifikasi ini, diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan tidak terjadi kesalahpahaman terkait kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Tim Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri dan Irjen Kemensos RI di Kantor Dinas Sosial Lamongan.***

Reporter : Suprapto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply