Warga Blitar Ingin SIM Berlaku Seumur Hidup, Ini Jawaban Kapolres

Warga Blitar Ingin SIM Berlaku SeumurHidup, Ini Jawaban KapolresKapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo saat Jumat Curhat. (aziz)

Blitar, LINGKARWILIS.COM – Sejumlah permasalahan dan unek-unek disampaikan warga  Blitar dalam forum Jumat Curhat diantaranya pemberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup dan keluhan adanya calo di Satpas Samsat dan SIM.

Dua hal tersebut disampaikan Siti Salfiah dan Miftahul Rohmah, warga Desa Kandangan Kecamatan Srengat dalam agenda Jumat curhat yang  digelar Polres Blitar Kota di Dusun Sumber Amber Desa Kandangan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Jumat (12/01/2024).

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo menjelaskan penetapan batas berlaku SIM bagi pengendara tentu bukan tanpa alasan. Ada pertimbangan-pertimbangan dalam penetapan aturan tersebut.

Baca juga : Jalan Dhoho Kota Kediri Sering Macet, Ini Tiga Penyebab Hasil Evaluasi Dishub Kota Kediri 

Menurutnya SIM merupakan bukti kompetensi seseorang dalam menggunakan kendaraan. Menurutnya, setiap orang memiliki kompetensi yang berbeda-beda dan ada masanya.

Adapun kompetensi yang dimaksud berupa pengetahuan, keterampilan, hingga perilaku pengemudi. Sehingga, penetapan tenggang SIM hingga lima tahun dinilai sudah pas.

“Penentuan angka 5 dianggap batas waktu yang cukup relevan bagi pemilik SIM untuk memperpanjang SIM dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan dengan cara mengajukan persyaratan dan mengikuti ujian ketrampilan melalui Simulator oleh petugas kelompok kerja pengujian,” kata AKBP Danang Setiyo.

Baca juga  :  Ditemukan Tugu Tapal Batas Era Prabu Kertajaya Berangka Tahun 1123 Saka, Lokasi di Kayunan Plosoklaten Kabupaten Kediri 

Berkaitan dengan calo SIM Kapolres juga menegaskan bahwa Polres Blitar Kota tidak menganjurkan adanya calo dan apabila masyarakat tes SIM bisa memanfaatkan pelatihan supaya lebih mudah melalui SILALU siap latihan lulus ujian karena ujian praktik sekarang juga dipermudah.

Polres Blitar Kota memang rutin menggelar program Jumat Curhat sebagai wujud komitmen dalam menyerap aspirasi dan memperkuat komunikasi langsung dengan masyarakat.

Dalam kegiatan Jumat Curhat yang berlangsung dua arah ini, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo Pambudi Sukarno didampingi pejabat utama Polres Blitar Kota dan Forkopimcam Srengat.

Dialog bersama kepala desa, tokoh masyarakat, serta warga setempat. Kegiatan ini melibatkan proses saling tanya jawab guna menciptakan ruang diskusi terbuka. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai wadah menampung aspirasi hingga keluh kesah masyarakat.***

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi

Editor : Hadiyin

Leave a Reply