4 Manfaat Kroto untuk Burung Murai Batu yang Bukan Hanya Bikin Gacor, Udah Tau Belum? 

4 Manfaat Kroto untuk Burung Murai Batu yang Bukan Hanya Bikin Gacor, Udah Tau Belum?Ilustrasi manfaat kroto untuk burung murai batu kesayangan

LINGKARWILIS.COM – Dalam merawat burung murai batu untuk mendapatkan kicauan yang merdu salah satu hal yang bisa dilakukan yakni dengan pemberian kroto. 

Kroto adalah telur dari semut rangrang yang bisa menjadi pakan tambahan bagi burung murai batu dan memiliki banyak manfaat selain membuat suara gacor. 

Menurut peneliti kroto memiliki kandungan nutrisi yang tinggi termasuk protein, lemak, kalori, kalsium, zat besi serta vitamin B1 dan B2. 

Tapi tidak semua burung murai batu cocok diberikan kroto sehingga jika ingin memberikannya dalam porsi kecil terlebih dahulu untuk melihat apakah burung menolak makanannya atau tidak. 

Berikut ini beberapa manfaat kroto untuk murai batu yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang antara lain. 

Cara Pemberian Kroto Pada Burung Murai Batu dengan Baik dan Benar, Buat Fisik Makin Sehat! 

4 Manfaat Kroto untuk Burung Murai Batu 

Pertumbuhan dan Perkembangan

Bagi murai batu trotolan, kroto sangat penting dalam perawatan harian karena membantu perkembangan otak burung sehingga lebih cepat belajar dan menirukan suara masteran.

Menjaga Kondisi Kesehatan

Pemberian kroto secara teratur dapat membantu menjaga kondisi kesehatan murai batu dan membuatnya tetap aktif dalam berkicau.

Mengatasi Stres

Kroto juga bermanfaat untuk mengatasi stres pada murai batu dewasa yang terlihat lesu atau mengalami macet bunyi.

Meningkatkan Stamina

Bagi murai batu senior, pemberian kroto dapat membantu meningkatkan stamina dan birahi burung, sehingga lebih aktif saat berlomba atau berkicau di gantangan.

Pemberian kroto sebaiknya dilakukan dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan murai batu. 

Perlu diperhatikan kroto yang diberikan haruslah fresh dan bersih, untuk waktunya memberikan kroto seminggu dua kali dengan takaran yang sesuai. 

Selain itu, pastikan kroto yang diberikan masih dalam kondisi segar dan tidak basi. Jika memungkinkan, simpan kroto dalam lemari es dan angin-anginkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada murai batu.

Demikian manfaat kroto untuk murai batu dan waktu pemberiannya yang benar, lakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil maksimal.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply