7 Cara Merawat Burung Kenari di Rumah untuk Pemula, Bukan Cuma Dijemur di Bawah Sinar Matahari Aja!

7 Cara Merawat Burung Kenari di Rumah untuk Pemula, Bukan Cuma Dijemur di Bawah Sinar Matahari Aja!Ilustrasi cara merawat burung kenari untuk pemula 

LINGKARWILIS.COM – Ada berbagi tips cara merawat burung kenari dengan baik agar tetap sehat dan gacor untuk pemula. 

Sebenarnya merawat burung kenari tidaklah sulit seperti halnya merawat burung lainnya yang tidak melewatkan penjemuran di pagi hari. 

Disamping itu dengan merawat burung kenari ini juga bertujuan untuk memberikan hiburan dan kebahagiaan kepada kita semua melalui perawatan yang baik.

Lalu bagaimana cara merawat burung kenari di rumah untuk pemula? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

Pilihan Drama Korea Romantis yang Menginspirasi untuk Semangat Menjalani Hidup, Ada Park Bo Gum Juga Lho! 

Cara Merawat Burung Kenari

1 Hindari Angin Keras

Pertama-tama, hindari menempatkan burung kenari di tempat yang terkena angin keras. Angin yang terlalu kuat dapat menyebabkan burung mudah sakit, terutama jika mereka terpapar secara langsung.

2 Penjemuran dan Mandi

Penjemuran burung kenari sebaiknya dilakukan pada pagi hari, antara jam 7 hingga 10. Sinar matahari di pagi hari memberikan manfaat yang baik. Sambil menjemur, sebaiknya disertai dengan mandi. 

Gunakan semprotan kecil untuk membiasakan burung dengan air. Jangan semprotkan air ke bagian kepala untuk menghindari ketakutan burung.

5 Rekomendasi Drama Korea Romantis Populer yang Cocok Isi Liburan Natal dan Tahun Baru 

3 Pergantian Air Minum

Gantilah air minum burung dengan air yang bersih setiap hari. Air minum yang diberikan sebaiknya mirip dengan air minum kita sendiri. Pastikan air tersebut tidak berasal dari peredam karena dapat mengandung zat-zat yang tidak diinginkan.

4 Pemberian Pakan

Berikan pakan impor atau campuran pakan yang bersih dan tidak berjamur. Pemberian sayur harus direndam terlebih dahulu selama 30 menit hingga satu jam untuk menghilangkan efek dingin dan meminimalisir pestisida yang menempel.

6 Drama Korea Romantis yang Bisa Temani Malam Tahun Baru, Banyak Chemistry yang Tercipta 

5 Pemberian Vitamin dan Tambahan

Vitamin dapat ditambahkan ke air minum untuk mendukung kesehatan burung. Pemberian buah-buahan kering dan sayuran dapat menjadi tambahan untuk asupan gizi.

6 Kebersihan Sangkar

Bersihkan sangkar secara rutin. Pilihlah koran bekas atau majalah bekas sebagai alas sangkar karena dapat menyerap kotoran dengan baik. Hindari penggunaan koran baru yang dapat membuat sangkar lembab dan berjamur

7 Tips Merawat Burung Kenari Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja, Pastikan Selalu Memberikan Vitamin 

7 Perhatian Terhadap Belalang dan Kumbang

Perhatikan juga keberadaan belalang atau kumbang yang bisa mengganggu burung. Hal ini dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan burung.

Perawatan rutin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung kenari. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam merawat burung kesayangan di rumah.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply