7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Ternyata Bukan Sariawan Saja!

7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Ternyata Bukan Sariawan SajaIlustrasi tanda tubuh kekurangan vitamin C

LINGKARWILIS.COM – Mengonsumsi vitamin C secara rutin sangatlah baik untuk tubuh karena perannya dalam menjaga metabolisme tubuh sangatlah besar 

Maka dari itu jangan sampai tubuh kekurangan vitamin C, jika hal itu terjadi tubuh Anda akan rentan terkena penyakit, 

Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C dengan sendirinya, sehingga perlunya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. 

Ada beberapa tanda yang bisa dilihat jika tubuh kekurangan vitamin C, apa saja indikasinya? Yuk langsung simak penjelasan di bawah. 

7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

1 Luka Sulit Menyembuh

Pertanda pertama kekurangan vitamin ini adalah luka yang sulit untuk sembuh atau butuh waktu yang lebih lama dari biasanya untuk proses penyembuhannya. 

Vitamin C sangat penting dalam proses pembentukan kolagen yang dibutuhkan dalam penyembuhan luka.

2 Rentan Terhadap Memar

Kekurangan vitamin ini  juga dapat membuat Anda lebih mudah memar. Kolagen, yang ada didalamnya memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga kurangnya vitamin ini dapat membuat pembuluh darah lebih mudah pecah.

3 Masalah pada Kulit

Kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering.

4 Keluhan pada Gusi

Salah satu tanda yang umum dari kekurangan adalah masalah pada gusi, seperti gusi yang sering berdarah atau sariawan. Pasalnya vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan gusi.

5 Mudah Merasa Lelah

Kekurangannya dapat membuat Anda lebih mudah merasa lelah dari biasanya. Dalam kandungannya dapat membantu dalam penyerapan zat besi, sehingga kurangnya dapat menyebabkan anemia.

6 Nyeri pada Sendi

Dapat menimbulkan nyeri pada sendi-sendi, terutama pada sendi seperti lutut. Vitamin C memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

7 Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kurangnya vitamin ini dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, termasuk pilek.

Demikian 7 tanda kekurangan vitamin C yang perlu diwaspadai. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda tersebut, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply