8 Pilihan Makanan yang Membantu Menaikkan Berat Badan Secara Alami, Bukan Cuma Buah Alpukat! 

8 Pilihan Makanan yang Membantu Menaikkan Berat Badan Secara Alami, Bukan Cuma Buah Alpukat! Ilustrasi makanan yang membantu menaikkan berat badan 

LINGKARWILIS.COM – Pembicaraan tentang pola makan lebih sering berfokus pada cara menurunkan berat badan dan mereka melupakan cara menaikkan berat badan. 

Banyak orang yang bilang menaikkan berat badan cukup sulit ketimbang menurunkan berat badan, tetapi dengan cara yang konsisten hal tersebut bisa dicapai. 

Maka dari itu, menaikkan berat badan dengan cara yang sehat dan efektif memerlukan pendekatan nutrisi yang tepat. 

Supaya bisa mencapai keinginan, kami akan memberikan cara menaikkan berat badan dengan sehat, memberikan tubuh nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan yang optimal.

Menaikkan Berat Badan Secara Alami 

1 Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat, kalori, dan nutrisi penting. Dengan kandungan lemak tak jenuh tunggalnya, alpukat menjadi pilihan makanan yang baik untuk menambah asupan kalori dengan cara yang sehat.

2 Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, kenari, dan chia seeds kaya akan kalori, protein, dan lemak sehat. Mereka bisa dimakan sebagai camilan atau ditambahkan ke dalam makanan lain untuk meningkatkan nilai nutrisi dan kalori.

3 Susu dan Produk Susu

Susu, yogurt, dan keju merupakan sumber kalsium dan protein yang baik. Pilihan produk susu tinggi lemak juga dapat membantu menambah kalori yang diperlukan untuk meningkatkan berat badan.

4 Daging Merah dan Daging Berlemak

Daging merah dan daging berlemak seperti daging sapi dan daging kambing adalah sumber protein tinggi dan kalori. Penting untuk memilih potongan daging yang sehat dan dimasak dengan cara yang sehat untuk mendapatkan manfaat maksimal.

5 Kentang dan Umbi-umbian

Kentang, ubi jalar, dan ubi jalar ungu kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bisa menjadi sumber energi yang baik untuk meningkatkan asupan kalori harian.

6 Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Minyak zaitun dan minyak kelapa adalah sumber lemak sehat yang dapat digunakan dalam masakan atau ditambahkan ke smoothie dan sajian lainnya untuk menambah kalori dengan cara yang lezat.

7 Pisang dan Buah-buahan Berkalori Tinggi

Pisang, mangga, dan buah-buahan berkalori tinggi lainnya adalah pilihan camilan yang baik untuk meningkatkan asupan kalori. Mereka juga kaya akan vitamin dan mineral.

8 Smoothie dan Milkshake Nutrisi

Membuat smoothie atau milkshake dengan tambahan buah, yogurt, dan protein powder adalah cara yang lezat dan praktis untuk menambah kalori dan nutrisi ke dalam diet sehari-hari.

Meskipun menaikkan berat badan adalah tujuan, penting untuk tetap memilih makanan yang memberikan nutrisi seimbang dan menghindari pola makan yang tinggi lemak jenuh dan gula tambahan. 

Coba konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk membuat rencana diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tujuan kesehatan Anda. 

Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat dan mendukung kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply