Uncategorized

Anda Hanya di Rumah Saja Saat 17 Agustus ? Tenang ! Tetap Bisa Merayakan Hari Kemerdekaan, Ini Caranya

Nonton film bernuansa pahlawan dan kemerdekaan dengan kerabat dan anak-anak merupakan cara yang tepat untuk merayakan hari kemerdekaan di rumah. Nonton film bernuansa pahlawan dan kemerdekaan dengan kerabat dan anak-anak merupakan cara yang tepat untuk merayakan hari kemerdekaan di rumah (ist)
Lingkarwilis.com – Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya dengan cara ikut berbagai lomba yang diadakan oleh desa atau kelurahan, bahkan oleh RT atau RW. Namun bila situasi lingkungan anda tidak ada perlombaan jangan khawatir, merayakan hari kemerdekaan tetap bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.
Beragam kegiatan asyik bareng keluarga tetap bisa dilakukan, syaratnya tentu ide ide kreatif dalam memaknai kemerdekaan harus digali. Ciptakan suasana dengan semangat perjuangan melalui permainan di dalam rumah.
Kegiatan di rumah yang difokuskan untuk memperingati hari kemerdekaan juga bisa mempererat keakraban antar anggota keluarga.  Sebab, semua aktivitas berikut ini cocok diikuti berbagai kalangan usia. Apa saja kegiatannya, simak !  Ini uraiannya dihimpun dari berbagai sumber  :

1. Nonton film perjuangan pahlawan kemerdekaan

Nonton film bernuansa pahlawan dan kemerdekaan dengan kerabat dan anak-anak merupakan cara yang tepat untuk merayakan hari kemerdekaan di rumah. Kegiatan nonton bareng ini bisa menambah wawasan dan rasa cinta tanah air. Tapi jangan lupa, biar lebih asyik sediakan makanan ringan atau jajanan yang disukai anak-anak saat nonton film.

Rekomendasi film yang bisa ditonton bersama keluarga seperti film tentang Soekarno, Jenderal Soedirman, Tjokroaminoto, RA Kartini, bung Tomo dan berbagai film perjuangan lainnya.

2. Cerdas cermat dengan tema kemerdekaan

Aktivitas cerdas cermat seputar tema kemerdekaan merupakan kegiatan yang bisa dipilih. Bahkan kegiatan ini sangat dianjurkan karena memiliki nilai dan manfaat yang positif bagi anak khususnya.

Lomba antar tim dari semua anggota keluarga dengan adu wawasan dan pengetahuan dijamin perayaan 17 Agustus di rumah akan lebih seru dan berkesan.

Ide pertanyaan bisa berupa tebak lagu-lagu nasional, peristiwa kemerdekaan, seperti siapa yang mengetik naskah proklamasi, yang menjahit serta pengibar bendera pusaka. Kemudian kategori dan nama pahlawan dan berbagai ide soal lainnya.

3. Memasak menu nusantara

Memasak kuliner khas Nusantara bisa jadi ide kegiatan pada hari libur 17 Agustus bareng keluarga. Seperti memasak kudapan berwarna merah putih, bisa klepon, nasi tumpeng, dan bubur manis.

4. Dekorasi rumah dengan tema kemerdekaan

Mendekorasi rumah versi kemerdekaan bisa dipilih sebagai kegiatan. Bisa menggunakan tirai bendera merah putih, poster pahlawan, balon merah putih, serta kreasi hiasan bertema kemerdekaan dan perjuangan.

Itu tadi beberapa ide kegiatan merayakan hari kemerdekaan saat libur tanggal 17  Agustus di rumah. Semoga bermanfaat.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply