Angin Kencang Sapu Kota Kediri, Pohon Tumbang Terjadi di 4 Lokasi, Ini Infonya

Cuaca ekstrem berupa angin kencang di Kota Kediri menyebabkan beberapa pohon tumbang di sejumlah lokasiPetugas BPBD dibantu kepolisian evakuasi pohon tumbang (bidu)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Cuaca ekstrem berupa angin kencang di Kota Kediri menyebabkan beberapa pohon tumbang di sejumlah lokasi, Rabu (21/2/2024) siang.
Bahkan salah satu kejadian di Jalan Hayam Wuruk, tepat di depan Kediri Mall, pohon yang tumbang meski ukurannya relatif kecil, sempat menimpa mobil salah satu pengguna jalan.
Beruntung mobil tersebut hanya tertimpa dahan pohon yang sebelumnya sempat mengenai kabel PJU TS yang digunakan untuk penerangan jalan umum.
Baca juga : Pj Wali Kota Kediri  Zanariah Berikan Santunan Kematian pada Ahli Waris Hery Krishmanto, Pengawas Kelurahan Pakelan yang Meninggal Dunia Karena Tugas

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri begitu menerima informasi langsung sigap dalam memotong dahan pohon yang roboh dengan bantuan tim DLHKP dan kepolisian.

Zaenal Arifin,  operator 1  Pusdalops PB BPBD Kota Kediri Kota Kediri mengungkapkan pohon tumbang bukan hanya terjadi di Jln Hayam Wuruk tetapi juga di sejumlah lokasi.

“Kami bersama instansi terkait sudah melakukan penanganan dan pemulihan situasi di lokasi-lokasi kejadian,” ujarnya, Rabu (21/02/2024).

Baca juga : Harga Beras di Kabupaten Kediri Terus Naik, Ini Infonya

BPBD Kota Kediri bersinergi dengan DLHKP Kota Kediri, Kepolisian Resort Kota Kediri, serta PLN untuk melakukan penanganan. Situasi terkendali dengan pemotongan dan pembersihan batang dan dahan pohon yang tumbang.

“Lalu lintas juga telah kembali normal, meski beberapa area masih dalam proses perbaikan kabel listrik yang terkena dampak,” tambahnya.

Zaenal Arifin mengimbau warga untuk tetap waspada cuaca ekstrem dan segera melapor jika ada kejadian bencana. BPBD Kota Kediri akan terus memantau perkembangan situasi dan memberikan informasi yang diperlukan kepada masyarakat.

Sementara itu sesuai catatan BPBD Kota Kediri, pohon tumbang yang terjadi  Rabu (21/02) siang terdapat  di beberapa titik lokasi berikut ini :

1. Jln Hayam Wuruk, depan Kediri Mall
– Dahan Pohon Patah berjenis Sepatu dea dengan diameter ±15 Cm
– Dahan Pohon Mengenai Mobil (tidak terjadi kerusakan)
– Dahan Pohon menimpa kabel PLN

2. Jl. Panglima Sudirman
– Pohon Tumbang berjenis Sepatu dea dengan diameter ±20 Cm
– Pohon Tumbang menimpa mobil di bagian depan ( Rusak Sedang dengan kerugian ±Rp.4.000.000 )

3. Jl. Sudanco Supriadi
– Pohon Tumbang berjenis Flamboyan dengan diameter ±35 Cm
– Pohon Tumbang mengenai pagar lapangan tenis ( kerugian ±Rp.500.000 )

4. Jl. Teuku Umar
– Dahan Pohon Patah berjenis Sepatu dea dengan diameter ±15 Cm.
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply