Awas! Pemberian Kroto Berlebih Pada Burung Murai Batu Bisa Bikin Suara Serak

Awas! Pemberian Kroto Berlebih Pada Burung Murai Batu Bisa Bikin Suara SerakIlustrasi dampak pemberian kroto berlebih pada burung murai batu

LINGKARWILIS.COM – Burung murai batu akan memiliki kicauan yang indah jika mendapatkan perawatan yang tepat dan maksimal. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan supaya performa burung murai batu selalu baik yakni dengan memberikan pakan terbaik yakni seperti kroto. 

Kroto merupakan sumber pakan alami yang kaya akan protein sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan burung murai batu. 

Walaupun banyak beragam manfaat untuk burung murai batu, pemberian porsi yang tidak tepat bisa memberikan dampak negatif pada burung.  

Pasalnya tiap burung memiliki karakter yang berbeda, sehingga ada yang cocok dengan pemberian kroto setiap hari dan ada yang tidak. 

Ini 8 Cara Menaikkan Emosi Burung Murai Batu yang Wajib Diketahui Pemula! 

Maka dari itu penting bagi pemilik burung untuk memahami kondisi dan karakteristik burung kita masing-masing. 

Ada burung yang menerima pemberian kroto setiap hari tanpa masalah, tetapi ada juga yang menjadi agresif atau bahkan over birahi. Ini bergantung pada karakter dan kondisi individu burung.

Pemberian kroto juga harus seimbang dengan pengumbaran dan penjemuran. Penggunaannya sebaiknya dalam kadar yang tepat, tidak berlebihan, dan sesuai dengan kondisi burung. Jika burung tidak terbiasa dengan kroto, sebaiknya diberikan secara bertahap.

Pemberian kroto juga harus seimbang dengan pengumbaran dan penjemuran. Penggunaannya sebaiknya dalam kadar yang tepat, tidak berlebihan, dan sesuai dengan kondisi burung. Jika burung tidak terbiasa dengan kroto, sebaiknya diberikan secara bertahap.

Dampak Pemberian Kroto Terlalu Sering

Pemberian kroto dalam jumlah besar atau terlalu sering juga bisa menyebabkan burung menjadi serak atau mengalami masalah pencernaan. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Misalnya, jika kroto disimpan di dalam kulkas, sebaiknya dikeluarkan terlebih dahulu dan dibungkus dengan plastik agar tidak langsung diberikan pada burung. 

Selain itu pemberian vitamin atau obat-obatan tertentu dapat membantu mencegah atau mengatasi masalah yang muncul.Penting untuk diingat bahwa setiap burung memiliki kebutuhan dan kondisi yang unik. 

Kroto juga bukanlah satu-satunya pakan murai batu, Anda bisa menggantinya dengan jangkrik, cacing atau hewan kecil lainnya. 

Dengan perawatan yang seimbang bisa memberikan hasil terbaik untuk murai batu.Tetap berhati-hati dan pahami kondisi burung kesayangan dengan baik. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply