Daerah  

Bawaslu Kota Kediri Lantik 9 Panwascam, Ini Infonya

Bawaslu Kota Kediri Lantik 9 Panwascam, Ini Infonya
Ketua Bawaslu Kota Kediri, Yudi Agung Nugraha, SH (bidu)

Kediri, LINGKARWILIS.COM —Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kediri melantik sembilan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari tiga kecamatan, di Hotel Grand Surya, Jalan Dhoho, Kota Kediri,  Jumat (24/5/2024).

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk camat, kapolsek, lurah, serta perwakilan masyarakat setempat. Kehadiran mereka menandai komitmen kuat dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu 2024.

banner 400x130

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Ketua Bawaslu Kota Kediri, Yudi Agung Nugraha, SH. Dalam sambutannya, Yudi menegaskan peran strategis Panwascam dalam mengawasi jalannya pemilu di tingkat kecamatan.

Baca juga : Bandara Dhoho Kediri Persiapkan Layanan Penerbangan Umroh, Langsung Tanpa Transit, Ini Infonya

Dia menjelaskan bahwa pelantikan tersebut bukan hanya seremonial, tetapi juga momen penting untuk memperkuat komitmen dalam menjaga integritas pemilu.

Sebanyak sembilan anggota Panwascam yang dilantik berasal dari Kecamatan Kota, Kecamatan Pesantren, dan Kecamatan Mojoroto. Mereka diambil sumpahnya oleh Ketua Bawaslu dan menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen untuk menjalankan tugas pengawasan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Yudi Agung Nugraha, SH juga menyoroti tantangan pengawasan pemilu di era digital. Dia menyatakan bahwa Panwascam harus siap menghadapi berbagai tantangan, termasuk isu hoaks dan manipulasi informasi yang bisa merusak proses demokrasi.

Baca juga : Wacana Pembentukan Global Water Fund, PJ Walikota Kediri : Sungai Brantas Harus Dapat Manfaatnya

“Panwascam kami harapkan bekerja keras, cerdas, dan berintegritas tinggi untuk mengawal pemilu yang bersih dan jujur,” ujarnya.

Setelah prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan sesi pengarahan dari Ketua Bawaslu Kota Kediri mengenai tugas dan tanggung jawab Panwascam serta strategi pengawasan yang efektif.
Pengarahan ini diharapkan dapat membekali anggota Panwascam dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas mereka dengan baik.

Dengan pelantikan ini, Bawaslu Kota Kediri optimis bahwa pengawasan pemilu di tingkat kecamatan akan berjalan lebih baik dan efektif. Kolaborasi antara Bawaslu, Panwascam, aparat keamanan, dan pemerintah daerah diharapkan dapat menciptakan kondisi yang kondusif untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang sukses dan demokratis.***

Reporter: Agus Sulistyo Budi
Editor: Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *