Buat Kue Kuping Gajah Sendiri untuk Inspirasi Kue Kering Lebaran, Intip Resep Lengkapnya Disini!

Buat Kue Kuping Gajah Sendiri untuk Inspirasi Kue Kering Lebaran, Intip Resep Lengkapnya Disini!Ilustrasi resep kue kering Lebaran, kue kuping gajah

LINGKARWILIS.COM – Selain menyajikan Nastar, masukkan kue kuping gajah dalam list kue kering Lebaran Anda untuk menghiasi meja tamu.

Biasanya orang-orang lebih menyukai makanan ringan ketimbang kue, sehingga kue kuping gajah bisa menjadi pilihan tepat untuk kue kering Lebaran yang disajikan di meja.. 

Meskipun membuat kue kuping gajah membutuhkan waktu lama, tapi dari adonan itu akan menghasilkan banyak kue. 

Jika di rumah ada orang yang membantu, pekerjaan akan lebih cepat selesai dan ini resep kue kuping gajah untuk kue kering Lebaran, dilansir dari @wawawiati⁣⁣

Kue Kuping Gajah, Inspirasi Kue Kering Lebaran 

Bahan :

300 g tepung terigu

1 sdm tepung kanji ( sekitar 15 g)

60 gr gula pasir halus

1/2 sdt garam

1/2 sdt vanili

50 g margarin

1 sachet SKM

100 ml air

1 sdm dark cocoa powder atau pasta coklat

Langkah:

1 Campur rata terigu, kanji, gula pasir, garam dan vanili. Masukan margarin dan susu kental manis, uleni sambil dituangi air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa dibentuk. (Tips: adonan jangan terlalu lembek supaya tidak susah waktu pengirisan)

2 Bagi dua adonan sama rata, satu bagian dicampur coklat, satu bagian biarkan putih. Bagi dua lagi masing-masing adonan coklat dan putih.

3 Ambil 1 adonan putih, gilas tipis berbentuk kotak. Sisihkan. Lakukan hal yang sama pada adonan coklat lalu tumpuk adonan putih dengan adonan coklat.

4 Tekan-tekan gilas sampai keduanya menempel kuat dan menjadi tipis. Semprot atau oles tipis permukaannya dengan air supaya gulungan merekat kuat dan tidak terbuka saat digoreng. 

5 Gulung sambil dipadatkan dan dirapikan. Lakukan sampai adonan habis (2 gulungan), lalu bungkus dengan cling wrap atau plastik.

6 Simpan di kulkas 1-2 jam. Setelah adonan keras iris tipis dengan cutter, kalau mau lebih tipis setelah diiris boleh digilas lagi. Goreng dalam minyak panas, gunakan api kecil). 

Bagaimana, tertarik untuk membuat kue kering Lebaran untuk kue kering Lebaran nanti? Supaya cepat selesainya mintalah bantuan dari anggota lainnya. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply