Debut Pertama Pedro Acosta di Lusial International Circuit, Poncharal Dibuat Terpakau 

Debut Pertama Pedro Acosta di Lusial International Circuit, Poncharal Dibuat Terpakau Ilustrasi Pedro Acosta debut pertama

LINGKARWILIS.COM – Debut istimewa bagi pembalap pendatang baru MotoGP, Pedro Acosta, yang berakhir pada hari Jumat di peringkat ketiga. 

Pedro Acosta berhasil finis di depan beberapa nama terkenal, termasuk Juara Dunia Francesco Bagnaia dari Tim Lenovo dan Marc Marquez dari Gresini Racing MotoGP. 

Menariknya, Pedro Acosta menunjukkan kelincahan sejak sesi pertama, menyelesaikan kedua sesi Latihan Bebas pada hari Jumat di peringkat ketiga.

Hal paling mencolok, Acosta hampir melakukan beberapa kesalahan, menguji batas RC16 pada hari pembukaan di Sirkuit Internasional Lusail. 

Pembalap pendatang baru itu berhasil menyelamatkan diri dari kecelakaan di tikungan enam pada latihan 1, dan kemudian melakukan penyelamatan serupa di tikungan sembilan beberapa saat kemudian.

Mengomentari FP2, Herve Poncharal, Pemilik Tim Red Bull GASGAS Tech3, menyatakan, “Banyak yang telah dikatakan tentang Pedro, saya tidak akan mengulangi semuanya tetapi, dalam beberapa kata, memiliki seorang pemuda yang memasuki MotoGP sebagai pembalap pemula dan melakukan apa yang telah dia lakukan, dia sangat mengesankan. 

Kita semua mengingat Valencia pada hari Selasa setelah balapan terakhir (Tes Valencia) dan betapa nyamannya dia mengendarai motor dan sejak itu menjadi lebih baik. Tidak pernah ada kemunduran, dan inilah yang sangat kami sukai, setiap tugas dan lari lebih baik dari yang sebelumnya dan hal ini jarang terjadi.”

Acosta pertama kali mencoba MotoGP pada Tes Valencia pasca-musim, dan langsung menunjukkan kepercayaan diri dengan hanya berjarak 1,223 detik dari posisi teratas pada hari pertamanya. 

Sejak saat itu, Acosta terus meningkatkan performanya di Sepang dan Qatar, mendapatkan kepercayaan diri dan waktu putaran, bahkan finis kedua pada hari pertama pengujian di Malaysia.

Poncharal yakin bahwa Pedro Acosta adalah pembalap istimewa dan tidak ada yang seperti dia di tim Tech3 sebelumnya. 

“Kami memiliki banyak Juara Dunia Moto2 dan kami menghormati mereka semua karena mereka semua adalah pembalap hebat, namun saya harus mengatakan jika Anda bertanya kepada saya: dia istimewa, dia berbeda, dia lebih baik.”

Bukan hanya Herve Poncharal yang memberikan pujian pada Acosta setelah hari pertama musim ini. 

Saat di Latihan Bebas 1, Acosta bahkan melakukan aksi memukau dengan Aleix Espargaro dari Aprilia Racing, melewati veteran MotoGP itu saat memasuki tikungan pertama.

Setelah menunjukkan kemampuannya pada hari pertama, Acosta sekarang bersiap untuk latihan berikutnya di mana 10 pembalap teratas akan melaju ke Q2. 

Latihan MotoGP akan dimulai pada hari Sabtu pukul 13:40 waktu setempat (UTC +3), sementara sesi kualifikasi dijadwalkan pada pukul 11:40 waktu setempat (UTC +3) pada hari Sabtu yang sangat penting bagi MotoGP™.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply