Dinkes Kabupaten Kediri Imbau Warga Waspada Flu Singapura

Dinkes Kabupaten Kediri Imbau Warga Waspada Flu SingapuraKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib. (bakti/

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Meskipun belum ada laporan mengenai wabah Flu Singapura di Kabupaten Kediri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri mengambil langkah antisipatif dengan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui 37 Puskesmas.

Flu Singapura dapat menyerang semua kelompok usia, dengan risiko tertinggi pada anak-anak di bawah lima tahun. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang diketahui dapat mudah menular.

Tidak hanya mengancam anak-anak, tetapi juga orang dewasa dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Proses Pembebasan Lahan Proyek Tol Kediri-Kertosono Disebut Tinggal 2 Persen

Dr. Ahmad Khatib, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, menjelaskan bahwa gejala awal flu ini meliputi demam tinggi, sakit tenggorokan, penurunan nafsu makan, timbul lepuhan pada lidah, gusi, bibir, dan pipi dalam, ruam merah pada kulit, serta sakit perut.

“Jangan menganggap remeh kondisi seperti ini dan segera berkonsultasi dengan dokter. Keterlambatan dalam penanganan dapat memiliki konsekuensi fatal. Flu ini mengincar individu dengan daya tahan tubuh yang rendah, terutama mereka yang sering bepergian jauh harus mengenakan masker untuk mencegah masuknya virus,” ujar Khatib.

Dia menambahkan bahwa pada musim transisi seperti sekarang, Flu Singapura memiliki potensi penyebaran yang lebih cepat. Oleh karena itu, upaya pencegahan ditekankan, seperti mengonsumsi air putih yang cukup, mengambil vitamin, menjaga asupan gizi yang memadai, dan berolahraga secara teratur.

“Jangan pernah mengabaikan penggunaan masker ketika gejala flu muncul. Tindakan pencegahan dini adalah langkah bijak untuk mencegah paparan virus Flu Singapura pada tubuh,” tambahnya.***

Reporter : Bakti Wijayanto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply