Fenomena Burung Murai Batu, Dari Hobi hingga Menjadi Primadona Kontes

Burung Murai Batu Lagi Sakit dan Tidak Mau Makan? Ini Beberapa Langkah yang Bisa Dilakukan 
Ilustrasi cara mengatasi burung murai batu

LINGKARWILIS.COM – Copsychus malabaricus, yang lebih dikenal sebagai Burung Murai Batu, telah menjadi primadona di kalangan pecinta burung, diakui sebagai maestro karena suaranya yang merdu dan bervariasi.

Burung Murai Batu dikenal dengan bulu hitam berkilau, dada berwarna merah cerah, dan ekor yang memikat. Keistimewaan Murai Batu tidak hanya terletak pada kemampuannya menirukan dan mengimprovisasi suara burung lain dengan indah.

banner 400x130

Melansir Website Resmi Sidomukti Kecamatan Adimulyo, Adi Prastyo, seorang pria berusia 42 tahun dari Dukuh Sembir Barat, Sidomukti, Adimulyo, telah mengembangkan minatnya pada burung, khususnya  burung Murai Batu, sejak masa kecil.

Pada sekitar tahun 2005, hobinya beralih menjadi serius saat ia mulai berpartisipasi dalam kontes-kontes lokal dan nasional. Berbagai gelar juara telah berhasil ia raih, mengubah hobi menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

9 Manfaat Cacing Tanah untuk Burung Murai Batu, Pakan Alami yang Bukan Cuma Bikin Gacor Aja

Dalam usahanya, Adi Prastyo mengutamakan pembibitan Murai Batu dari gaco-gaco berpengalaman untuk kontes burung berkicau.

Pejantan dan betina yang dipilihnya berasal dari peternak yang sudah terkenal di dunia kontes burung, khususnya Murai Batu.

Keberhasilan pertamanya dalam mengikuti kontes lokal terjadi pada tahun 2007 di Kabupaten setempat. Kontes terakhirnya, yang berlangsung pada 31 Maret 2024 di Cilacap, menobatkannya sebagai juara 1 dan 4.

Rencananya, pada 5 Mei 2024, Adi Prastyo berencana untuk mengikuti kontes di Jogja dengan tiket masuk sebesar 5,5 juta dan 4,4 juta, dengan hadiah utama berupa mobil.

Ia juga menyampaikan bahwa koleksinya sudah mengantongi ratusan tropi, dengan hadiah terbesar yang pernah diraih mencapai 45 juta rupiah dalam sebuah event di Bandung pada bulan Januari sebelumnya.

Takaran Jangkrik Paling Benar untuk Burung Murai Batu, Jangan Sampai Kehilangan Manfaatnya! 

Bagi pemilik dan pecinta burung, Adi Prastyo memberikan nasihat untuk serius dalam satu hal: bersabar dan berdoa.

Menurutnya, keseriusan ini akan dibalas oleh burung dengan prestasi yang membanggakan. Harga Murai Batu untuk keperluan kontes terakhirnya bahkan mencapai angka 1 miliar rupiah, menurut informasi terbaru.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *