Hadiri Pelantikan PTPS, Ini Empat Pesan yang  Disampaikan Pj Wali Kota Kediri Zanariah

Hadiri Pelantikan PTPS, Ini Empat Pesan yang Disampaikan Pj Wali Kota Kediri ZanariahPj Wali Kota Kediri bersama dengan Ketua Bawaslu Kota Kediri, tamu undangan, dan 856 PTPS yang dilantik. (ist)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Pj Wali Kota Kediri, Zanariah menghadiri  pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kota Kediri yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kediri Senin (22/1/2025).
Sebanyak 856 PTPS yang tersebar di semua kelurahan di Kota Kediri resmi dilantik, bertempat di Gedung Serba Guna IAIN Kediri,.
Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Kediri, Zanariah menyampaikan pesan penting kepada PTPS untuk menjaga keberlangsungan Pemilu 2024.
Empat pesan penting Pj Wali Kota Kediri, Zanariah kepada PTPS  usai dilantik oleh Bawaslu Kota Kediri adalah sebagai berikut :
1. Menjaga integritas dan profesionalitas PTPS dalam pengawasan.
2. Berani menyampaikan keberatan saat menemukan dugaan pelanggaran atau kesalahan yang terjadi saat pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

3. Selalu berkomunikasi dengan Panwaslu Kelurahan.

4. Selalu jaga kesehatan.
Pj Wali Kota Kediri Zanariah menjelaskan jika tugas PTPS ini merupakan tanggung jawab yang besar untuk menentukan berjalannya Pemilu 2024 agar jauh dari potensi kecurangan yang ada di TPS.
“Peran PTPS ini sangat penting,” ujarnya.

Zanariah juga berpesan kepada para PTPS yang baru saja dilantik ini agar tetap fokus dan tidak lalai dalam melakukan pekerjaannya.

“Kesiapan harus dioptimalkan karena pekerjaannya PTPS butuh ketelitian dan fokus,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Kediri, Yudi Agung Nugroho berpesan kepada PTPS agar bisa menjaga integritas dan melakukan tugas semaksimal mungkin dari mulai sebelum pemungutan suara, saat pemungutan suara, penghitungan suara, serta mengawal dan mengawasi pergerakan kotak suara.

“Untuk kerawanan mengacu di tahun 2019 kemarin adalah saat penghitungan suara, itu sangat rawan. mungkin ada beberapa saksi yang tidak terima dengan hasil yang dibacakan,” ungkap Yudi.

Partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 di Kota Kediri mencapai 80 persen dan yang paling banyak berasal dari pemilih muda atau Generasi Z.

Masyarakat sangat sensitif dengan isu kecurangan sehingga PTPS diharapkan bisa menjadi pengawas dan melindungi pemilu dari semua potensi kecurangan yang bisa terjadi di TPS.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply