Ini 7 Jenis Pakan Alami Ikan Nila Terbaik yang Bisa Bikin Cepat Tumbuh Besar dan Gemoy

Ini 7 Jenis Pakan Alami Ikan Nila Terbaik yang Bisa Bikin Cepat Tumbuh Besar dan GemoyIlustrasi pakan alami untuk ikan nila

LINGKARWILIS.COM – Dalam merawat ikan nila, pakan merupakan kunci utama yang perlu diperhatikan agar ikan cepat tumbuh besar dan gendut atau gemoy. 

Bagi Anda yang berencana mengelola budidaya ikan nila, disarankan untuk mengeluarkan biya investasi yang fokusnya pada pakan dan juga kesehatan. 

Apabila pakan tidak diperhatikan bisa jadi bisnis ikan nila Anda akan mengalami banyak besar kerugian karena kebanyakan orang lebih suka nila yang berukuran besar ketimbang kecil. 

Oleh karena itu, memilih pakan yang tepat adalah langkah penting sebelum memulai usaha budidaya ikan nila. .

7 Pakan Alami untuk Ikan Nila

1 Lumut

Lumut adalah pilihan populer lainnya untuk pakan alami nila. Kandungan protein yang tinggi membuatnya menjadi sumber nutrisi yang baik, terutama untuk bibit Nila. 

Selain itu, lumut seringkali dapat ditemukan di sekitar lingkungan, seperti kolam, sungai, dan sawah, sehingga menjadi pilihan ekonomis untuk budidaya.

2 Cacing Sutra (Tubifex)

Cacing sutra menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pakan alami Nila. Kandungan proteinnya yang tinggi, mencapai 40 hingga 57 persen, membuatnya menjadi pilihan utama bagi peternak. Tidak hanya bagi Nila, cacing sutra juga menjadi makanan andalan untuk berbagai jenis ikan lainnya. 

3 Maggot (Ulat Lalat Hitam)

Meskipun terlihat menyeramkan, maggot atau ulat lalat hitam merupakan sumber protein yang sangat baik untuk Nila. 

Dengan kadar protein mencapai 45 persen, maggot menjadi pilihan yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ikan. 

Saat ini, maggot juga telah menjadi komoditas bisnis tersendiri, di mana peternak menjualnya sebagai alternatif atau pengganti pakan pelet.

4 Artemia

Artemia meski berukuran sangat kecil, memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi, membuatnya menjadi pilihan ideal sebagai pakan. 

Artemia dewasa yang berusia dua minggu setelah penetasan merupakan pilihan terbaik untuk memberi nutrisi kepada anak Nila.

5 Kutu Air

Kutu air, baik yang dibeli dari penjual ikan hias maupun yang ditemukan di lingkungan sekitar, merupakan pilihan pakan yang direkomendasikan. Kandungan proteinnya yang baik membantu dalam pertumbuhan ikan Nila.

6 Dedak dan Daun Singkong

Dedak, hasil gilingan sisa padi, serta daun singkong, merupakan pilihan pakan yang murah dan mudah didapat. Keduanya mengandung nutrisi yang seimbang, membantu dalam pertumbuhan ikan Nila.

7 Azolla

Azolla, tumbuhan paku air, juga menjadi pilihan pakan yang berkualitas. Dengan kandungan protein sekitar 25 hingga 35 persen, azolla membantu dalam pertumbuhan ikan Nila dan tersedia dengan harga terjangkau.

Strategi Pemberian Pakan:

Selain memilih jenis pakan yang tepat, penting juga untuk memperhatikan strategi pemberian pakannya. Berikut beberapa tipsnya:

  • Berikan pakan secara rutin untuk memastikan kebutuhan nutrisi ikan terpenuhi.
  • Pastikan kualitas pakan yang diberikan tetap terjaga.
  • Variasikan jenis pakan untuk mencegah kebosanan ikan dan meningkatkan pertumbuhan.
  • Perhatikan jumlah pakan yang diberikan agar tidak terlalu berlebihan atau kurang.

Dengan mengikuti strategi pemberian pakan yang tepat, diharapkan pertumbuhan ikan Nila Anda dapat optimal dan bisnis budidaya dapat sukses. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply