Kebakaran Menimpa Sebuah Kandang di Lamongan, 1 Sapi, 3 Kambing Ikut Terbakar, Ini Infonya 

Kebakaran Menimpa Sebuah Kandang di Lamongan, 1 Sapi 3 Kambing Ikut TerbakarKebakaran kandang sapi milik warga Dusun Kedungbunder Desa Kedungsuko Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan ludes terbakar (ist)
Lamongan, LINGKARWILIS.COM –  Kebakaran hebat melanda tiga kandang sapi yang dimiliki oleh warga Dusun Kedungbunder, Desa Kedungsuko, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Kamis (23/11/2023).
Tiga kandang sapi tersebut dimiliki oleh Sari alias Pak Her (55), Taruh (60), dan Heri (50), yang semuanya merupakan warga Dusun Kedungbunder, Desa Kedungsuko, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan.

 

Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiyantoro, menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan pertama kali diketahui oleh saksi bernama Sarmi, yang rumahnya berdekatan dengan kandang sapi tersebut.

Pembangunan RTH ALun-Alun Kota Kediri Tetap Dilanjutkan Meski Ada Ancaman Pemutusan Kontrak Kerja 

“Awalnya, saksi mendengar suara kretek-kretek dari arah kandang sapi tersebut,” jelas Ipda Anton Krisbiyantoro pada Jumat (24/11/2023).

Karena penasaran, lanjut Ipda Anton, saksi segera keluar dari rumah dan melihat adanya asap api berasal dari kandang sapi milik Sari alias Pak Her. Saksi segera berteriak memanggil warga sekitar, dan dalam waktu singkat, warga berdatangan.

Api yang berkobar cukup besar membuatnya merambat ke kandang milik Taruh dan Heri yang berada di sebelah selatan kandang milik Sari alias Pak Her.

“Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, seperti menyiram api yang menyala, tetapi upaya tersebut belum berhasil sehingga api merambat ke kandang yang bersebelahan dengan kandang milik Sari alias Pak Her,” tuturnya.

Ingin Ikut lelang Persewaan Tanah Pertanian di Kota Kediri, Begini Caranya

Kejadian tersebut dilaporkan oleh salah satu warga kepada perangkat desa, kemudian dilanjutkan ke Polsek Mantup. Polsek Mantup menghubungi Pemadam Kebakaran Ngimbang dan PMK Lamongan.

“Pemadam Kebakaran tiba beberapa menit kemudian, dan dengan bantuan warga sekitar, akhirnya api berhasil dipadamkan pada pukul 19.20 WIB, sehingga tidak merembet ke pemukiman warga,” ujarnya.

Akibat kebakaran ini, kandang sapi milik Sari alias Pak Her yang terbakar, terbuat dari bangunan tembok, dan di dalamnya terdapat 1 ekor sapi, 3 ekor kambing, serta sepeda motor Astrea 800 yang ikut terbakar.

Kandang milik Taruh (60) terbuat dari kayu dan bambu, sedangkan kandang milik Heri terbuat dari kayu dan bambu, di dalamnya terdapat 12 sak mesin dan mesin pemotong rumput yang juga ludes terbakar. Total kerugian materi akibat kebakaran tiga kandang tersebut diperkirakan mencapai Rp 55 juta.

“Diduga penyebab kebakaran kandang sapi berasal dari bediang yang dibuat oleh pemilik kandang, yaitu saudara Sari alias Pak Her, di dalam kandang,” ungkapnya.***

Reporter Suprapto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply