Layanan Pengaduan Suara Warga (SURGA) Ditingkatkan, Ini Imbauan PJ Wali Kota Kediri Zanariah

Layanan Pengaduan Suara Warga (SURGA) Ditingkatkan, Ini Imbauan PJ Wali Kota Kediri Zanariah Layanan Pengaduan Suara Warga (SURGA) Ditingkatkan
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah mengimbau warga Kota Kediri tetap memanfaatkan inovasi layanan pengaduan Suara Warga (SURGA). Layanan ini terbukti berhasil masuk dalam Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik yang dirilis Kementerian PANRB.
“Warga dapat memberikan informasi ataupun aduan yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh OPD Pemerintah Kota Kediri,” ujar PJ Wali Kota Kediri Zanariah, Kamis (25/01/2024)
PJ Wali Kota Kediri Zanariah menambahkan, Pemerintah Kota Kediri mengintegrasikan data-data pengaduan yang ada melalui aplikasi Sistem Informasi Eksekutif (SIE). Nantinya data-data ini akan digunakan untuk membuat kebijakan.
“Ini aplikasi yang sangat bermanfaat untuk peningkatan layanan,” tambahnya.
Kata Zanariah, pemerintah sudah membuat kanal pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)
LAPOR dan SURGA akan diintegrasikan secara dua arah yakni ketika nanti ada masyarakat mengirimkan aduan ke SURGA maka akan masuk ke SP4N-LAPOR dan begitu pula sebaliknya.
“SURGA ini sudah melesat lebih dulu maka SURGA jauh lebih familiar,” ungkapnya.

PJ Wali Kota Kediri Zanariah menambahkan, paling banyak aduan masyarakat adalah melalui website SURGA. Seluruh aduan masyarakat Kota Kediri dapat tertampung walaupun aduan tersebut wewenang pemerintah daerah, provinsi ataupun pusat.
Sementara itu layanan publik yang sering dicari adalah pengurusan identitas kependudukan dan pertanyaan tentang tata cara perolehan bansos baik pusat maupun daerah.

“Dampak terkait peningkatan layanan juga mempengaruhi indeks kepuasan masyarakat. ,” pungkasnya.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply