Daerah  

Lembaga Sekolah di Blitar Kekurangan Murid, Empat SMP Pagunya Tidak Terpenuhi

Lembaga Sekolah di Blitar Kekurangan Murid, Empat SMP Pagunya Tidak Terpenuhi
Lembaga Sekolah di Blitar Kekurangan Murid, Empat SMP Pagunya Tidak Terpenuhi (Aziz)
Blitar, LINGKARWILIS.COM – Empat sekolah di Kabupaten Blitar masih kekurangan jumlah murid atau belum memenuhi pagu yang ditentukan padahal Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahap dua telah berakhir, namun ada. Keempat SMP tersebut adalah SMPN 1 Sanankulon, SMPN Satu Atap Wlingi, SMPN 3 Sutojayan, dan SMPN 1 Panggungrejo.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Adi Andaka, mengatakan bahwa meskipun ada kekurangan murid, jumlahnya tidak signifikan. Contohnya, dalam satu rombongan belajar (rombel) yang berkapasitas 250 siswa, hanya terisi sekitar 200 siswa. Setiap sekolah memiliki 4 hingga 5 rombel atau bahkan lebih.

Sekolah yang mengalami kekurangan siswa umumnya berlokasi di pinggiran atau daerah irisan antara Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Misalnya, SMPN Sanankulon yang berbatasan dengan Kota Blitar.

banner 400x130
“tetapi saya optimis bahwa kekurangan ini masih bisa terpenuhi karena tidak signifikan,” ujarnya, Kamis (20/6/2024).

Adi menjelaskan bahwa kekurangan siswa bukan hal baru setiap tahunnya, dan setiap tahun ada sekolah yang mengalami kekurangan serta ada pula yang kelebihan siswa. Hal ini menjadi bagian dari evaluasi tahunan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan.

Proses PPDB tingkat SMP di Kabupaten Blitar dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada tanggal 20-29 Mei, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada 7-14 Juni 2024.

Total terdapat 108 lembaga SMP di bawah naungan Dinas Pendidikan, terdiri dari 49 SMP negeri dan 59 SMP swasta.
Jumlah kursi yang tersedia untuk PPDB mencapai 13.696, dengan penyaluran melalui berbagai jalur seperti zonasi, afirmasi, prestasi, dan jalur pindah orang tua.***
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *