Pabrik Gula (PG) Sumbergempol, Tulungagung Terbakar, Ini Infonya

Pabrik Gula (PG) Sumbergempol, TulungagungPetugas Damkar Tulungagung saat melakukan upaya pemadaman pada tumpukan sepah tebu pada pabrik gula di Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol (Damkar Tulungagung)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Insiden kebakaran terjadi di Pabrik Gula (PG) Sumbergempol, Tulungagung, Jumat (22/12/2023). Kebakaran diduga dipicu oleh percikan api dari tungku memasak gula yang menyentuh tumpukan sepah tebu.

Bambang Pidekso, Kasi Operasi dan Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tulungagung, menjelaskan bahwa petugas Damkar Tulungagung pertama kali mendapat laporan kebakaran pabrik gula sekitar pukul 16.39 WIB. Respon cepat dilakukan, dan petugas tiba di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) sekitar pukul 16.44 WIB.

Petugas langsung melakukan upaya pemadaman pada tumpukan sepah tebu yang sudah terbakar cukup besar.
“api harus dicegah agar tidak merembet ke bangunan di sekitarnya,” tegas Bambang.

Satlantas Polres Tulungagung Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas di beberapa Titik, Ini Daftarnya

Proses pemadaman melibatkan dua mobil armada damkar dan satu mobil suplai air karena api sudah membesar.

Upaya ini memakan waktu sekitar dua jam karena petugas harus mengurai tumpukan sepah tebu yang tinggi untuk menjangkau bara api di dalamnya. Setelah pemadaman selesai, tim bersama Tim Inafis Polres Tulungagung menyelidiki penyebab kebakaran.

Bambang menjelaskan bahwa tumpukan sepah tebu yang berlebihan dan tinggi menjadi penyebab pemadaman yang memakan waktu lama. Dia menyimpulkan bahwa percikan api mungkin berasal dari tungku memasak gula, yang juga dikuatkan oleh aktivitas memasak gula sebelum kebakaran.

“kerugian diperkirakan sekitar Rp 100 juta,” pungkasnya.***

Reporter : Mochammad Sholeh Sirri
Editor : Hadiyin

Leave a Reply