Sejumlah TPS di Desa Nanggungan Kabupaten Kediri Didesain Dengan Ragam Tema, Tarik Minat Warga Gunakan Hak Pilih  

Sejumlah TPS di Desa Nanggungan Kabupaten Kediri Didesain Dengan Ragam Tema, Tarik Minat Warga Gunakan Hak PilihTPS di Desa Nanggungan yang didesain adat jawa ( bidu )
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Sebanyak tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri terlihat beda. Panitia dari  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sengaja membuat desain TPS dengan berbagai konsep dan tema yang kreatif serta menarik.
Seperti di TPS 05, didesain dengan konsep penghijauan. Dekorasi TPS menonjolkan motif tanaman, daun dan kesejukan termasuk juga dengan menata bunga dan tanaman hidup di beberapa sudut lingkungan TPS.
Sedangkan di TPS 03 didesain dengan konsep tradisional dan budaya. Pesan yang ingin disampaikan adalah mengingatkan pada masyarakat untuk tetap menjaga budaya luhur masing-masing daerah yang menjadi ciri khas karakter nusantara.
Kemudian di TPS 01 kental dengan desain adat Jawa. Sejumlah pernak-pernik dan aksesoris khas adat Jawa seperti wayang dipasang dan ditampilkan di TPS ini.
Katmiran, Kepala Desa Nanggungan Kecamatan  Kayen Kidul mengatakan sebanyak tiga TPS di desanya memang sengaja didesain beda, selain untuk menarik minat warga guna menggunakan hak pilihnya, juga untuk diikutkan lomba di tingkat provinsi.
“Dari desa ada dukungan dana untuk TPS yang akan kami ikutkan lomba, semoga bisa terpilih,” ujarnya, Selasa (14/2/2024).
Katmiran  juga menegaskan bahwa partisipasi aktif dari  masyarakat dalam pemilihan umum sangat penting yaitu dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya alias tidak Golput.

Pemerintah Desa Nanggungan berkomitmen untuk mendukung kelancaran proses pemungutan suara pada pemilihan umum . Komitmen itu ditunjukan dengan memastikan bahwa setiap warga memiliki akses yang mudah dan aman untuk memberikan hak suara mereka di TPS.

“Jangan sampai Golput, suara setiap warga Desa Nanggungan yang punya hak pilih sangat berarti bagi masa depan bangsa,”tambahnya.
 “Kami pastikan juga setiap KPPS untuk jujur, adil dan cermat serta setiap suara dihitung dengan benar di masing- masing TPS,” Sambungnya.

Dalam upaya untuk menarik perhatian masyarakat ke TPS di wilayah Nanggungan panitia menyiapkan lingkungan dan kondisi TPS sebaik dan senyaman mungkin.

Di tempat terpisah Suryadi warga Desa Nanggungan siap untuk memberikan hak suaranya pada pemilu 2024, bukti dia mendukung program pemerintah.

Sedangkan persiapan untuk keamanan pada pemilu nanti aparat  kepolisian, Babinsa, linmas sudah siaga sejak awal.  Harapannya pemilu 2024 di Desa Nanggungan lancar, aman dan kondusif sesuai yang diharapkan.

Untuk diketahui, di Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul terdapat 5 dusun, yakni  Dusun Ngandong, Dusun Sumur, Dusun Genukwatu, Dusun Kreweng dan Dusun Santren.  Tersebar sebanyak 10 TPS di 5 Dusun tersebut untuk warga menggunakan hak pilihnya,***
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin.

Leave a Reply