Pj Wali Kota Kediri Harapkan Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung Bisa Tingkatkan Perekonomian Kota Kediri

Pj Wali Kota Kediri Harapkan Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung Bisa Tingkatkan Perekonomian Kota Kediri Pj Wali Kota Kediri Harapkan Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung Bisa Tingkatkan Perekonomian Kota Kediri (ist)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Tidak lama lagi akses dari dan ke Kota Kediri akan lebih mudah lagi. Pasalnya, pembangunan Tol Kediri-Tulungagung resmi akan digarap oleh PT Gudang Garam, Tbk. melalui anak usahanya PT. Surya Sapta Agung Tol melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa pihak swasta (unsolicited).

Sudah dilaksanakan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang melibatkan pihak pemrakarsa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII)  Selasa (27/02/2024), .

Rencananya, pembangunan tol ini mulai konstruksi pada kuartal II-2024, dilanjutkan dengan main road yang akan menghubungkan Kediri-Mojo-Tulungagung beroperasi pada kuartal III-2025.

Baca juga : Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Kediri Naik Signifikan Dalam Kurun Waktu 3 Tahun Kepemimpinan Mas Dhito 

Sebelum rencana tahapan pembangunan itu dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Regres dan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Kediri – Tulungagung yang disaksikan secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Selasa (27/02).

Jalan Tol Kediri-Tulungagung ini akan dibangun sepanjang 44,17 km, terdiri dari akses Bandara Dhoho Kediri sepanjang 6,82 km dan main road sepanjang 37,35 km termasuk jalan akses. Jumlah lajur yang dimiliki Jalan Tol ini adalah 2×2 dan 4 simpang susun yang berada di Bulawen, Kediri, Mojo, dan Tulungagung.

Menanggapi pembangunan Jalan Tol Kediri-Tulungagung yang digarap PT Gudang Garam Tbk, Pj Wali Kota Kediri Zanariah mengucapkan terima kasih karena telah berinvestasi dalam proyek nasional ini.

Baca  juga : Satreskrim Polres Kediri Kota Periksa Pengelola Ponpes di Mojo, Pengembangan Penyidikan  Kasus Santri yang Meninggal

Jalan tol ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal aksesibilitas menuju Kota Kediri. Dengan begitu, Kota Kediri bisa lebih dikenal karena potensi yang dimiliki. Tidak hanya dilewati, Kota Kediri akan jadi destinasi.

“Semoga dengan adanya jalan tol ini bisa jadi pengungkit perekonomian di Kota Kediri,” imbuhnya.

Pj Wali Kota Kediri juga mengajak daerah sekitar seperti Kabupaten Kediri, Tulungagung, Blitar, Nganjuk dan lainnya untuk berkolaborasi dalam hal memajukan potensi yang ada di daerah masing-masing, sehingga adanya tol dan bandara ini bisa membawa dampak baik bagi daerah. Selain itu, adanya jalan tol ini bisa dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui, nilai investasi pembangunan Tol Kediri-Tulungagung oleh PT Gudang Garam, Tbk. ini sebesar Rp 9,92 triliun dengan masa konsesi selama 50 tahun. ***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply