PPK Mojoroto Hitung Ulang Perolehan Suara TPS 7 Kelurahan Bandar Lor, Ini Sebabnya

Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Mojoroto, Kota Kediri, melakukan penghitungan ulang surat suara untuk TPS 7Suasana penghitungan ulang oleh PPK Mojoroto (Bidu)

Kediri, LINGKARWILIS.COM  – Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Mojoroto, Kota Kediri, melakukan reperhitungan suara untuk TPS 7 Kelurahan Bandar Lor pada Kamis, 22 Februari 2024.

Langkah ini diambil setelah terungkap adanya perbedaan jumlah surat suara dengan hasil perolehan suara pada Pemilu yang berlangsung pada 14 Februari 2024.

Informasi dari saksi salah satu partai politik yang hadir dalam proses reperhitungan menunjukkan adanya selisih 10 lembar surat suara untuk Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur. Situasi ini memicu permintaan reperhitungan suara saat tahapan rekapitulasi di tingkat PPK.

Baca juga : Pj Wali Kota Kediri :  HAKI Bukan Hanya Sebatas Legalitas Usaha Tetapi Juga Meningkatkan Nilai dan Daya Saing Produk

Komisioner KPU Kota Kediri, Mochammad Wahyudi, mengonfirmasi adanya perbedaan tersebut, menjelaskan bahwa reperhitungan dilakukan berdasarkan rekomendasi Panwascam setelah ditemukan adanya ketidaksesuaian antara jumlah surat suara dan perolehan suara di TPS 7 Kelurahan Bandar Lor.

Wahyudi juga menyampaikan bahwa terjadi kesenjangan antara jumlah surat suara yang tercatat dengan perolehan suara masing-masing peserta pemilu. Dari hasil reperhitungan, ditemukan surat suara yang sebelumnya belum terhitung.

“Dulu sepertinya belum dihitung, tetapi sudah tercampur dengan surat suara yang telah dihitung. Akibatnya, jumlah surat suara yang dilaporkan tidak selaras dengan perolehan suara masing-masing partai pemilu, ditambah dengan surat suara yang tidak sah,” tambah Wahyudi.

Baca juga : Ratusan Warga di Kelurahan Kampung Dalem Kecamatan Kota Kediri Terima Bantuan Pangan Beras, Semua Gembira

Wahyudi menegaskan bahwa seharusnya jumlah surat suara yang digunakan sama dengan jumlah surat suara sah dan tidak sah.

Reperhitungan suara dilakukan hanya di TPS 7 Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Dalam proses tersebut, hadir juga Sekretaris KPU Kota Kediri, Fani Setiawan, Komisioner KPU Nia Sari, PPK, dan beberapa saksi dari partai politik.***

Reporter : Agus Sulistyo Budi

Editor : Hadiyin

Leave a Reply