Sinopsis FIlm Black Hawk Down 2001, Berdasarkan Kisah Nyata Perang Saudara di Somalia 

Sinopsis FIlm Black Hawk Down 2001, Berdasarkan Kisah Nyata Perang Saudara di SomaliaIlustrasi sinopsis film Black Hawk Down 2001

LINGKARWILIS.COM – Pernahkah merasakan suasana peperangan yang di suatu kota atau negara? Dalam film Black Hawk Down Anda akan merasakan bagaimana mengerikannya peperangan suatu wilayah banyak jiwa tidak bersalah yang tewas begitu saja. 

Bagi Anda yang suka dengan tontonan bergenre sejarah, aksi, dan peperangan, film Black Hawk Down yang rilis tahun 2001 bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu luang. 

Black Hawk Down film garapan sutradara Ridley Scott yang dibuat berdasarkan kisah nyata yang melihat pada buku non-fiksi tahun 1999 karya jurnalis Mark Bowden, tentang kru helikopter Black Hawk yang ditembak jatuh saat pertempuran Mogadishu tahun 1993. 

Scott mengemas Black Hawk Down dengan alur yang bisa diikuti, dia memperlihatkan bagaimana perjuangan tentara AS dalam melawan militan Somalia yang menciptakan konflik. . 

Film ini juga didukung dengan pemain yang apik dalam memainkan perannya diantaranya Josh, Hartnett, Evan McGregor, Eric Bana, hingga William Fichtner. 

Bikin Terharu! Intip Sinopsis Film Glenn Fredly The Movie Karya Lukman Sardi yang Sedang Tayang di Bioskop

Sinopsis Black Hawk Down

Film ini berlatar tahun 1993 ketika AS mengirim pasukan khusus ke Somalia untuk mengganggu stabilitas pemerintah dan memberikan bantuan makanan serta kemanusiaan kepada penduduk yang kelaparan.

Menggunakan helikopter Black Hawk untuk menurunkan tentara, serangan tak terduga oleh pasukan Somalia segera menjatuhkan dua helikopter. 

Tepat setelah kolom Struecker berangkat, Black Hawk Super Six-One, yang dipiloti oleh Chief Warrant Officer Clifton “Elvis” Wolcott, ditembak jatuh oleh granat berpeluncur roket. 

Wolcott dan kopilotnya tewas, dua kepala kru terluka, dan dua penembak jitu Delta Force di dalamnya melarikan diri dengan helikopter MH-6 Little Bird meskipun satu orang kemudian meninggal karena luka-lukanya.

Bikin Terharu! Intip Sinopsis Film Glenn Fredly The Movie Karya Lukman Sardi yang Sedang Tayang di Bioskop

Kemudian pasukan darat dialihkan untuk berkumpul di lokasi kecelakaan. Milisi memasang penghalang jalan, mencegah pasukan Humvee pimpinan Letnan Kolonel Danny McKnight mencapai daerah tersebut dan menimbulkan banyak korban. 

Tidak hanya itu, helikopter lain, Super Six-Four yang dikemudikan oleh Chief Warrant Officer Michael Durant, juga ditembak jatuh oleh granat berpeluncur roket dan jatuh beberapa blok jauhnya. 

Dari sana, tentara AS harus berjuang untuk mendapatkan kembali keseimbangan mereka sambil menahan tembakan keras.

Banyak sekali warga Somalia yang menjadi korban dari operasi ini, begitu pula dengan tentara Amerika yang tewas di medan perang. 

Black Hawk Down berhasil meraih dua Academy Awards untuk Kategori Penyuntingan Film Terbaik dan Tata Suara Terbaik pada Academy Awards ke-74.

Editor: Shadinta Aulia Sajaya 

Leave a Reply