Ternyata Kunyit Putih dan Kunyit Kuning Punya Manfaat yang Beda Lho! 

Ternyata Kunyit Putih dan Kunyit Kuning Punya Manfaat yang Beda Lho!Ilustrsi perbedan kunyit putih dan kunyit kuning

LINGKARWILIS.COM – Kunyit adalah rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan tradisional, obat tradisional, dan produk perawatan kulit. 

Namun, di antara berbagai jenis kunyit yang ada, kunyit putih dan kunyit kuning sering menjadi sumber kebingungan bagi banyak orang. 

Keduanya memiliki bentuk yang sama, tapi kunyit kuning dan kunyit kuning memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan tubuh. 

Nah, untuk memecahkan kebingungan tersebut dengan membahas perbedaan antara kunyit putih dan kunyit kuning, serta manfaat, penggunaan, dan perbedaan nutrisi keduanya.

Kunyit Putih

Manfaat dan Penggunaan

Kunyit putih, juga dikenal sebagai kunyit madu atau Curcuma zedoaria, adalah jenis kunyit yang tumbuh di Asia Tenggara. 

Meskipun kunyit putih memiliki kandungan kurkumin yang lebih rendah daripada kunyit kuning, rempah-rempah ini tetap memiliki beragam manfaat kesehatan. 

Kunyit putih digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, gangguan pernapasan, dan peradangan.

Perbedaan Nutrisi

Kunyit putih memiliki kandungan nutrisi yang mirip dengan kunyit kuning, meskipun dalam proporsi yang berbeda. 

Biasanya, kunyit putih mengandung kurang kurkumin dibandingkan dengan kunyit kuning. Namun, kunyit putih dapat mengandung senyawa lain yang memberikan manfaat kesehatan, seperti zat besi, kalsium, dan serat.

Kunyit Kuning

Manfaat dan Penggunaan:

Kunyit kuning, juga dikenal sebagai kunyit biasa atau Curcuma longa, adalah jenis kunyit yang paling umum digunakan. 

Rempah-rempah kunyit kuning ini memiliki kandungan kurkumin yang tinggi, yang memberikan warna kuning cerah pada rempah-rempah tersebut. 

Kurkumin adalah senyawa yang dikenal karena memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker yang kuat.

Kunyit kuning sering digunakan dalam berbagai masakan, minuman, dan suplemen, serta dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk peradangan, arthritis, dan gangguan pencernaan.

Perbedaan Nutrisi:

Kunyit kuning mengandung konsentrasi kurkumin yang jauh lebih tinggi daripada kunyit putih. Kurkumin adalah senyawa aktif utama dalam kunyit yang memberikan sebagian besar manfaat kesehatan yang terkait dengan kunyit. Selain itu, kunyit kuning juga mengandung zat besi, mangan, vitamin C, dan serat.

Dalam penggunaannya, baik kunyit putih maupun kunyit kuning dapat diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan masakan, minuman, dan suplemen. 

Namun, sebelum mengonsumsi secara rutin atau menggunakan kunyit sebagai bagian dari perawatan kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi untuk memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply