10 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Punya Banyak Manfaat Baik untuk Kesehatan Tubuh 

10 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Punya Banyak Manfaat Baik untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi

LINGKARWILIS.COM – Vitamin C merupakan nutrisi terpenting yang diperlukan setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal. 

Selain berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, vitamin C juga memiliki peran dalam memelihara kekuatan tulang, kesehatan gigi, serta proses pembentukan kolagen dan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Dalam hal ini, banyak orang belum menyadari jika tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin C dengan sendirinya, sehingga perlunya mengonsumsi makanan seperti buah atau sayuran yang mengandung vitamin ini. 

Ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang baik dikonsumsi tubuh secara rutin. 

9 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

1 Jambu Biji

Satu buah jambu biji mengandung 126 mg atau setara dengan 140% dari kebutuhan harian. Buah ini juga kaya akan likopen, antioksidan yang membantu dalam melawan kanker dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2 Blackcurrant

Setengah cangkir blackcurrant mengandung 101 mg atau setara dengan 112% dari kebutuhan harian. Blackcurrant juga mengandung flavonoid antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

3 Kiwi

Satu buah kiwi mengandung 71 mg atau setara dengan 79% dari kebutuhan harian. Konsumsi kiwi secara teratur dapat membantu mengurangi kekakuan pembuluh darah dan menurunkan trigliserida.

4 Lemon

Satu buah lemon mentah mengandung 83 mg atau setara dengan 92% dari kebutuhan harian. Lemon juga memiliki efek antioksidan.

5 Leci 

Satu buah leci mengandung hampir tujuh mg atau setara dengan 75% dari kebutuhan harian. Leci membantu dalam pembentukan kolagen dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

6 Kesemek

Satu buah kesemek mengandung 16,5 mg atau setara dengan 18% dari kebutuhan harian. Warna orange pada kesemek menandakan kandungan antioksidan yang tinggi.

7 Pepaya

Satu cangkir pepaya mengandung 80 mg atau setara dengan 90% dari kebutuhan harian. Pepaya juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat di otak.

8 Stroberi

Potongan stroberi seberat 152 gram mengandung 89 mg atau setara dengan 99% dari kebutuhan harian. Stroberi juga mengandung zat-zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan.

9 Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg atau setara dengan 78% dari kebutuhan harian. Jeruk tersedia dalam berbagai jenis dengan kandungan vitamin C yang beragam.

Dengan mengonsumsi berbagai buah-buahan ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Konsumsilah vitamin C sesuai dengan kebutuhan, orang dewasa sehat membutuhkan sekitar 75-90 mg vitamin C per hari, sementara anak-anak dan remaja membutuhkan jumlah yang berbeda.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply