Manfaat Luar Biasa Vitamin C yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Ternyata Bisa Mencegah Kanker 

Manfaat Luar Biasa Vitamin C yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Ternyata Bisa Mencegah Kanker Ilsutrasi manfaat vitamin C luar biasa untuk kesehatan

LINGKARWILIS.COM – Beberapa orang terkadang meremehkan manfaat vitamin C padahal jika mengonsumsi secara rutin bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. 

Vitamin C atau yang dikenal sebagai asam askorbat, merupakan vitamin yang mudah larut dalam air dan vitamin ini sangat penting bagi tubuh kita. 

Kenapa vitamin C sangat penting bagi kita? Karena vitamin ini memiliki banyak peran dalam metabolisme tubuh.

Saat mengonsumsinya, vitamin C sebaiknya dilarutkan dengan cukup cairan dalam tubuh agar dapat beredar dengan efektif.

Manfaat Konsumsi Vitamin C 

Salah satu peran utama vitamin C adalah sebagai antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan racun, serta mengurangi respon inflamasi. 

Selain itu, vitamin ini juga penting untuk pembentukan kolagen yakni suatu protein yang vital untuk kulit, organ, dan tulang kita.

Tidak sampai disitu saja, vitamin ini juga dibutuhkan untuk metabolisme senyawa lainnya, seperti carnitine, katekolamin, dan penyerapan zat besi dari makanan. 

Manfaat luar yang dimiliki meliputi meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, mencegah kanker, dan mempercepat penyembuhan luka. 

Bahkan vitamin ini dapat bekerja secara sinergis dengan vitamin E dan betakaroten untuk melawan efek samping dari konsumsi vitamin secara terpisah.

Tapi, tidak semua orang menyadari risiko kekurangan vitamin C. Pasalnya, orang-orang yang berisiko itu termasuk lansia, penderita gangguan makan, perokok, pengguna alkohol, dan mereka yang mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin atau steroid.

Dalam menjaga kesehatan dan mencegah kekurangan vitamin C, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon, serta sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, adalah contoh makanan yang kaya akan vitamin C.

Untuk dosis hariannya untuk orang dewasa biasanya antara 70-150 mg per hari, tetapi bisa ditingkatkan hingga 300-1000 mg per hari dalam kasus tertentu seperti skorbut. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum meningkatkan dosis Anda.

Dengan memahami manfaat dan kebutuhan vitamin C, kita bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

 Jangan ragu untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan konsultasikan dengan dokter jika ada pertanyaan lebih lanjut.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply