5 Kuliner Legendaris Surabaya yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung, Bukan Cuma Lontong Balap Saja!

Rawon kalkulator salah satu rekomendasi kuliner legendaris Surabya

LINGKARWILIS.COM – Terdapat sejumlah kuliner legendaris kesukaan banyak orang yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kota Surabaya, Jawa Timur.

Bagi pecinta kuliner, pengalaman menjelajahi Surabaya tidak lengkap tanpa mencicipi berbagai hidangan yang tersedia di kota Baya ini.

banner 400x130

Salah satu kuliner legendaris yakni Bebek Tugu Pahlawan, menjadi rekomendasi spesial sekaligus juga menjadi ikon kuliner Surabaya yang patut dicoba. Bebek ini memliki daging yang lembut dan juicy makin nikmat jika disantap bersama nasi dan sambal pedas.

Selain Bebek Tugu Pahlawan masih ada banyak lagi rekomendasi kuliner legendaris di Surabaya yang bisa kamu nikmati bersama keluarga ataupun teman.

Stan Kuliner Pemkot Kediri Diserbu Turis Mancanegara di Gelaran WWF Ke-10 di  Bali

5 Kuliner Legendaris Surabaya 

1 Sambal Mbak Yeye
Rekomendasi pertama yakni Sego Sambel Mak Yeye yang sangat populer. Seporsi nasi dengan berbagai pilihan lauk dan sambal khas Mak Yeye terasa sangat lezat untuk disantap malam hari.

Sambalnya yang pedas dan lauknya yang berbumbu serta berempah menjadikan hidangan ini istimewa. Sego Sambel Mak Yeye sering dikunjungi oleh influencer dan food vlogger. Bagi pecinta pedas, kuliner ini wajib dicoba saat berada di Surabaya.

Jam buka dari 21.00-04.00 WIB, Senin-Minggu. Beralamat Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 10, Jagir, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60244.

2 Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan adalah kuliner malam Surabaya yang terkenal, baik di kalangan lokal maupun wisatawan. Banyak orang rela antre panjang untuk mencicipi bebek yang gurih dan lembut ini.

Satu porsi nasi dan bebek yang disajikan dengan sambal pedas sangat menggoda selera dan paling enak disantap di malam hari. Mulai dibuka jam 11.00-23.00 WIB, Senin-Minggu. Berlokasi Jalan Pasar Turi Nomor 27C, Bubutan, Surabaya.

3 Rawon Kalkulator

Salah satu rawon legendaris di Surabaya yang harus dicoba adalah Rawon Kalkulator, namanya unik karena kemampuan penjual menghitung dengan cepat tanpa kalkulator.

Selain keunikannya, rasa Rawon Kalkulator juga istimewa. Kuahnya kental dengan rempah yang dominan, dan dagingnya empuk serta juicy. Ada juga pilihan lauk tambahan seperti tempe, perkedel, paru, dan telur asin.

Dibuka mulai jam 08.00-23.00 WIB dari hari Senin-Minggu. Berlokasi diSentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241.

4 Tahu Telor Pak Jayen

Jika ingin hidangan yang tidak terlalu berat, Tahu Telor Pak Jayen bisa menjadi pilihan. Hidangan legendaris di Surabaya ini sangat ramah di kantong, dengan harga Rp11 ribu–Rp18 ribu per porsi.

Rasanya sangat nikmat, dengan paduan tahu telur yang dibanjur saus kacang gurih. Satu piring tahu telur semakin lengkap dengan tambahan kerupuk renyah.

Buka mulai pukul 05.00-23.00 WIB dari Senin-Minggu. Terletak diJalan Dharmahusada No.112, Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60115.

5 Pecel Suzanna Kertajaya 

Nama “Suzanna” pada tempat kuliner ini bukanlah mengacu pada mendiang aktris legendaris Indonesia, melainkan karena lokasinya yang berada di sebelah toko perlengkapan bayi Suzanna di Jalan Kertajaya.

Di sini, pengunjung bisa menikmati nasi pecel dengan berbagai pilihan lauk, mulai dari ayam, daging sapi, gorengan, telur, hingga rempelo ati.

Jam buka mulai 02.00-09.00 WIB dari hari Senin-Minggu. Berlokasi di Jalan Gubeng Kertajaya XIII, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60286.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *