Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2024, Benarkah Menghapus Dosa Tahun Sebelumnya? 

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2024, Benarkah Menghapus Dosa Tahun Sebelumnya?Ilustrasi bacaan niat puasa Tarwiyah dan puasa puasa Arafah

LINGKARWILIS.COM – Sebelum Idul Adha 2024 umat Islam biasa menyambutnya dengan berpuasa diantaranya puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah. 

Puasa sebelum Idul Adha tidaklah wajib tapi siapapun yang menjalankannya akan mendapatkan pahala dan hukumnya sunnah. 

Puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah yang pada tahun 2024 tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 8 Juni 2024. 

Puasa Dzulhijjah berlangsung selama 7 hari dari 8 – 14 Juni 2024 setelah itu barulah puasa Tarwiyah yang mendekati Hari Idul Adha. 

Idul Adha Semakin Dekat, Harga Hewan Kurban di Tulungagung Masih Stabil, Ini Komentar Pedagang Hewan

Sedangkan Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah atau 15 Juni 2024 setelah puasa Dzulhijjah, melansir laman Baznas jenis puasa ini merupakan awal dari rangkaian ibadah haji, bagi para jamaah haji yang mulai mempersiapkan diri menjalankan wukuf di tanah Arafah. 

Siapapun yang berpuasa di tanggal 8 Dzulhijjah atau Tarwiyah dapat menghapuskan dosa setahun sebelumnya. 

Selain itu, bagi mereka yang berpuasa Tarwiyah juga akan mendapatkan pahala, serupa dengan pahala yang diterima Nabi Ayub. Hal tersebut didasarkan pada riwayat Abu Hurairah dalam kitab Nuzhah Al-Majalis wa Muntakhab Al-Nafais. 

“Barangsiapa berpuasa pada hari Tarwiyah, maka Allah akan memberikan pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub Alaihissalam atas musibahnya. Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala Nabi Isa Alaihissalam,”.

Adapun niat yang harus dibaca sebelum puasa Tarwiyah supaya puasa kita diterima oleh Allah SWT, pastikan niat puasa yang dibangun hanya untuk Allah SWT. 

Idul Adha Semakin Dekat, Harga Hewan Kurban di Tulungagung Masih Stabil, Ini Komentar Pedagang Hewan

Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta ala

(Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta ala).

Sedangkan puasa Arafah dikerjakan pada 9 Dzulhijjah atau hari sebelum Idul Adha 2024. Bagi siapa pun yang menjalankannya akan dihapuskan dosa-dosa kecil selama dua tahun. Seperti dalam hadits riwayat muslim. Rasulullah SAW bersabda: 

“Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang. Dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharam) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim no.1162).

Orang yang menjalankan ibada puasa Arafah juga akan dibebaskan dari segala macam siksa neraka. “Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka, lebih banyak daripada pada Hari Arafah,” (HR Muslim).

Adapun niat yang harus dibaca sebelum menjalankan puasa Arafah supaya amalan puasa diterima Allah SWT

Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta ala. 

(Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta ala). 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply