BPBD Kabupaten Kediri Imbau Warga Cukup Minum untuk Mencegah Dehidrasi

Kabupaten Kediri Dilanda Panas Ekstrem pada April - Mei 2024, Ini Imbauan BPBDStefanus Joko Sukrisno Kepala BPBD Kabupaten Kediri (bakti)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Perubahan iklim global dunia telah mengakibatkan cuaca panas ekstrem di berbagai negara, termasuk Indonesia. Diperkirakan di bulan April hingga Mei ini, cuaca panas ekstrem juga akan melanda wilayah Kabupaten Kediri.

Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengimbau warga untuk menjaga diri dan mengantisipasi agar tidak mengalami dehidrasi akut.

Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Stefanus Joko Sukrisno mengatakan sesuai keterangan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto bahwa fenomena suhu panas di Indonesia bukanlah gelombang panas.

Baca juga : 3 Info Lowongan Kerja Kediri Terbaru Mei 2024 untuk SMA hingga Sarjana, Segera Kirimkan Surat Lamaran!

Fenomena suhu panas ini terjadi karena posisi semu Matahari pada bulan April 2024 berada di sekitar khatulistiwa.

“Menurut penjelasan BMKG, suhu panas di wilayah Indonesia tidak memenuhi definisi gelombang panas yang ditetapkan oleh Badan Meteorologi Dunia (WMO),” ujarnya, Senin (6/5/2024).

Joko menambahkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh warga saat keluar rumah pada kondisi cuaca panas ekstrem.

Baca juga : Horee, Ribuan Warga Antre di Kantor Pos Kediri, Terima Bantuan Sosial Berupa Uang Tunai, Ini Infonya

Salah satunya adalah menggunakan penutup kepala saat keluar rumah untuk waktu yang cukup lama. Disarankan juga untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan hanya keluar rumah jika benar-benar penting.

Selain itu, penting untuk minum air yang cukup guna mencegah dehidrasi. Hal ini merupakan upaya untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat, aman, dan tidak sakit saat menghadapi cuaca panas ekstrem seperti saat ini.***

Reporter : Bakti Wijayanto

Editor : Hadiyin

Leave a Reply