Cegah Bullying di Sekolah, Polsek Kandat Edukasi Para Siswa, Ini Infonya 

Cegah Bullying di Sekolah, Polsek Kandat Edukasi Para SiswaSuasana edukasi tentang pencegahan bullying di SD Seloasari (bidu)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Polsek Kandat Polres Kediri gencar memberikan pemahaman kepada siswa tentang pencegahan bullying atau perundungan.
Salah satunya dengan menggelar edukasi di SD Negeri 1 Selosari Kandat dengan fokus pada materi pencegahan bullying, Senin (4/3/2024).

Kapolsek Kandat AKP Rudy Widianto menjelaskan bahwa tindakan bullying atau perundungan adalah masalah serius yang sering dialami oleh pelajar. Dampaknya tidak hanya terbatas pada trauma psikologis, tetapi juga dapat merusak kesehatan mental dan fisik korban.

Baca juga : Ortu Santri yang Meninggal Dunia Karena Diduga Dianiaya Seniornya Datang Ke Kediri Kawal Penanganan Kasus

“Sebagai langkah pencegahan, Polsek Kandat melalui fungsi Binmas secara aktif mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang pencegahan bullying kepada pelajar,” ujar Kapolsek, .

Tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut, kata Kapolsek, adalah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, ramah, dan bebas dari tindakan bullying baik bullying verbal, fisik maupun jenis bullying lainnya.

“Bullying pasti berdampak pada suasana proses KBM,” jelasnya.
Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Kandat Aipda Slamet pada para siswa menyampaikan bahwa dalam lingkungan sekolah tidak ada yang namanya lawan, tidak ada yang namanya musuh karena semuanya teman dan saling menyayangi.
“Anak-anakku semuanya namanya bullying adalah perbuatan atau perilaku yang mengandung unsur tidak menyenangkan dan menyakitkan, itulah bullying, jadi  siapapun tidak mau disakiti otomatis jangan menyakiti,” ucap Aipda Slamet di hadapan para siswa.
Aipda Slamet juga mengimbau pada para siswa untuk menghindari perilaku yang  mendorong atau memicu terjadinya bullying, salah satunya adalah membentuk kelompok sendiri-sendiri atau geng yang saat ini lebih dikenal dengan istilah circle.
“Kalau dulu istilahnya bolo-boloan, tidak boleh itu, semua teman, semua kawan,” tambahnya.
Sosialisasi yang  digelar Polsek Kandat ini mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Diharapkan dengan sosialisasi yang intens ini  tidak akan ada kejadian perundungan di sekolah khususnya di wilayah Kandat.***
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply