Daerah  

Disperindag Kota Kediri Sidak Pupuk di Tiga Toko, Ini Hasilnya

Disperindak Kediri Gencarkan Sidak Pupuk, Tiga Toko di Mojoroto, Pesantren, dan Kota Jadi Sasaran
Disperindak Kediri Gencarkan Sidak Pupuk, Tiga Toko di Mojoroto, Pesantren, dan Kota Jadi Sasaran (bidu)

Disperindak Kediri Gencarkan Sidak Pupuk, Tiga Toko di Mojoroto, Pesantren, dan Kota Jadi Sasaran

Kediri, LINGKARWILIS.COM  – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kediri, melalui tim pengawasan pupuk dan pestisida, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga toko pupuk di wilayah Kediri, Kamis (13/6/2024).

banner 400x130

Tujuannya guna memastikan ketersediaan dan kualitas pupuk yang dijual kepada petani sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tiga lokasi yang menjadi sasaran sidak adalah Toko Penanggungan di Kecamatan Mojoroto, Toko Burengan di Kecamatan Pesantren, dan Toko Ngronggo di Kecamatan Kota. Dalam sidak tersebut, tim pengawas melakukan pengecekan terhadap izin edar pupuk, kualitas produk, serta harga jual pupuk.

Baca juga : Satpol PP Kota Kediri Bongkar Lapak PKL, Sudah Diperingatkan Tapi Tidak Digubris

Koordinator tim pengawasan dari Disperindag, Riris, menegaskan bahwa sidak ini merupakan bagian dari upaya Disperindag untuk memastikan para petani mendapatkan pupuk yang sesuai dengan standar kualitas.
“Kami ingin memastikan bahwa pupuk yang beredar di pasaran tidak hanya tersedia dalam jumlah yang cukup, tetapi juga memiliki kualitas yang baik dan harga yang wajar. Hal ini penting agar petani bisa meningkatkan hasil pertaniannya tanpa mengalami kendala terkait pupuk,” ujar Riris.

Beberapa pedagang pupuk memberikan tanggapan positif mengenai sidak ini. Ana Oktavia, pemilik usaha pupuk di Burengan, mengatakan bahwa ia mendukung penuh kegiatan sidak ini.

Baca juga : Pemkot Kediri Melalui DKPP Kota Kediri Menemukan Beberapa Bahan Pangan Mengandung Pestisida dalam  Uji Keamanan Pangan

“Dengan adanya pengawasan seperti ini, kami sebagai pedagang juga merasa lebih tenang karena artinya produk yang kami jual memang sudah sesuai standar. Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan petani terhadap toko kami,” kata Ana.

Pak Budi, pemilik Toko Penanggungan di Kecamatan Mojoroto, menyampaikan pandangan serupa. Ia mengungkapkan bahwa sidak ini bisa menjadi langkah baik untuk mencegah peredaran pupuk palsu.
“Saya sangat mendukung sidak ini karena pupuk palsu bisa merugikan petani dan merusak reputasi pedagang. Dengan adanya pengawasan rutin, kami bisa lebih yakin bahwa produk yang kami jual aman dan berkualitas,” ujarnya.

Sidak yang dilakukan oleh Disperindag Kota Kediri ini diharapkan dapat terus dilaksanakan secara berkala guna menjaga kualitas dan ketersediaan pupuk di pasaran. Disperindag juga mengimbau kepada seluruh pedagang pupuk untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku demi kebaikan bersama.

Dengan upaya ini, diharapkan para petani dapat terus meningkatkan produktivitasnya tanpa mengalami kendala dalam mendapatkan pupuk berkualitas.

Disperindag berkomitmen untuk terus mengawal dan memastikan distribusi pupuk di Kediri berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.***

Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *