Film Dokumenter Kasus Burning Sun Dirilis, Gelapnya Dunia K-Pop Kembali Menjadi Perbincangan 

Film Dokumenter Kasus Burning Sun Dirilis, Gelapnya Dunia K-Pop Kembali Menjadi Perbincangan
Sungri, tokoh utama dalam kasus Burning Sun

LINGKARWILIS.COM – Kasus Burning Sun yang terjadi pada tahun 2019 kembali menjadi perbincangan warganet setelah BBC World resmi merilis film dokumenter pada 19 Mei 2024.  

Kasus Burning Sun merupakan skandal yang menghebohkan panggung dunia hiburan, karena kasus ini melibatkan aktor ternama Korea Selatan yang membuat banyak orang tidak menyangka dengan hal ini. 

banner 400x130

Burning Sun sendiri merupakan sebuah nama klub malam yang populer di Gangnam, Korea Selatan. Tempat ini menjadi lokasi terjadinya skandal diantaranya kekerasan seksual, prostitusi, distribusi narkoba hingga korupsi polisi.  

Seungri dan Jung Joon Young menjadi tokoh utama dalam kasus Burning Sun ini, nama mereka sontak menghebohkan karena keduanya bintang populer Korea Selatan yang punya banyak penggemar di seluruh Asia.

Dalam skandal ini, Seungri atau Lee Seung Hyun mantan anggota Big Bang itu dilaporkan telah melakukan prostitusi.

Pada grup obrolan Kakaotalk Desember 2025, Seungri mencoba untuk menyuap investor asing dalam bisnisnya dengan mencari layanan seks. Dalam obrolan tersebut, Seungri meminta karyawannya untuk mencari seorang wanita.

Tidak sampai disitu saja, Seungri juga terlibat dalam perjudian di kasino mewah Las Vegas AS dan melibatkan transaksi valuta asing legal. 

Sedangkan Jung Joon Young vokalis JJY Band namanya juga ikut terlibat setelah melakukan pemerkosaan terhadap seorang wanita yang sedang tidak sadarkan diri, menyebarkan video tidak pantas menggunakan kamera tersembunyi. 

Selain itu, Lee Jong Hyun mantan Gitaris CNBlue juga terlibat dalam kasus ini, dia dilaporkan menerima video asusila yang didapatkannya dari Jung Joon Young.

Walaupun namanya tetap dipertahankan anggota banda grup CNBLUE tetapi pada akhirnya Jong Hyun mengundurkan diri dari grup itu dan kini fokus menjadi aktor. 

Dari skandal Burning Sun,  kamera tersembunyi  menjadi ketakutan masyarakat terutama para wanita saat berada di tempat umum. 

Ediotr: Shdinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *