Guru dan Tenaga Kependidikan se-Kecamatan Semen Digembleng dan Dibina, Ini Infonya

Guru dan Tenaga Kependidikan se-Kecamatan Semen Digembleng dan Dibina Guru dan Tenaga Kependidikan se-Kecamatan Semen Digembleng dan Dibina (bidu)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar kegiatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan di aula SDN Sidomulyo Kecamatan Semen, Jumat (26/01/2024).

Diikuti sekitar 80 peserta dari pendidik dan tenaga kependidikan se-kecamatan Semen baik yang berstatus ASN, PPPK maupun yang masih berstatus GTT.

Dalam kesempatan tersebut ditekankan pentingnya kompetensi dasar bagi seorang guru, yakni berorientasi pelayanan, kompetensi, adaptif dan kolaboratif termasuk yang sangat penting adalah integritas.

Baca juga : Misteri Arca Totok Kerot Kediri yang Berpindah Sendiri, Saksi Bisu Terbentuknya Kerajaan Kediri

“Kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan di kecamatan Semen agar selalu semangat dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka demi kemajuan satuan pendidikan masing-masing,” Ujar Wasis, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

Wasis mengatakan, banyak hal yang disampaikan dalam kegiatan pembinaan guru dan tenaga kependidikan ini, diantaranya tentang sekolah ramah anak, stunting dan kualitas pendidikan.

“Ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan karena SDM yang memiliki kompetensi unggul menjadi sangat penting,” lanjutnya.

Baca juga : Legenda Gunung Kelud dan Lembu Suro, Awal Mula Munculnya Sumpah Mistis untuk Warga KedirI dan Sekitarnya 

Masih kata Wasis, pembinaan kompetensi, terutama pada guru sebagai tenaga pendidik, menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan standar pendidikan. Peran guru sebagai tenaga pendidik tidak bisa ditawar dalam konteks investasi sumber daya manusia.

“Dimanapun dunia pendidikan membutuhkan SDM yang produktif, kreatif, inovatif, dan juga profesional. Untuk itu perlu upaya strategis dalam pembinaan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik,” tandasnya.

Sementara itu, senada dengan Wasis, Wigih Guswantoro, Ketua K3S Kecamatan Semen menegaskan bahwa memiliki SDM yang berintegritas, lengkap dengan kompetensinya diperlukan strategi pembinaan kompetensi yang tepat.

“Dengan SDM yang mendukung, lembaga pendidikan bisia memainkan peranannya sebagai pencetak generasi berkualitas dan kompetitif,” katanya.

Dalam agenda ini, kata Wigih Guswantoro juga disampaikan regulasi tentang perkembangan pendidikan baik dari pusat atau kementerian maupun dari daerah seperti Perda, Perbup dan aturan lain dari internal Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

“Terkait regulasi ini, kami sampaikan yang baru dan yang penting bagi para pendidik,” pungkasnya.***

Reporter : Agus Sulistyo Budi

Editor : Hadiyin

Leave a Reply